News

Tentang Royal Vault, Pemakaman Kerajaan Inggris yang ‘Misterius’

Royal Vault

Jenazah Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip sempat disemayamkan di Royal Vault sebelum dipindahkan ke Kapel Peringatan Raja George yang terletak di Windsor, Inggris, pada Senin (19/9/2022). Pada prosesi di Kapel St. George, peti sang ratu diturunkan ke lantai dasar, di mana Royal Vault berlokasi.

Tempat ini adalah pemakaman berupa ruang bawah tanah di Kapel St. George yang tertutup bagi publik. Di sana, tiga jasad raja bersemayam, beberapa ratu, 15 pangeran dan beberapa putri Kerajaan Inggris.

Tempat ini dibangun atas perintah Raja George III antara tahun 1804-1810 dan pertama kali digunakan untuk memakamkan sang anak, Putri Amelia yang meninggal dunia pada 1810.

Satu dekade kemudian, Raja George III tutup usia dan dimakamkan di sana. Raja lain setelahnya, seperti George IV dan William IV juga dimakamkan di tempat tersebut.

Karena tertutup bagi publik, hanya sedikit hal yang diketahui tentang Royal Vault. Bahkan, media-media di Inggris hanya mencatatkan Royal Vault terletak empat meter di bawah Kapel St. Goerge. Menurut laporan, tempat itu berbentuk lorong sepanjang 21 meter dengan lebar 8 meter dan dapat menampung 44 peti.

Lihat Juga: Operasi Unicorn Bergema Saat Ratu Elizabeth II Wafat, Apa Itu?

Dalam laporan Firstpost, sebanyak 31 peti berada di atas rak berbatu, sedangkan 12 lainnya ditempatkan di tengah ruangan. Keseluruhan ruangan tersebut dilapisi batu dengan panjang 213 meter dan lebar 8,5 meter.

Selama ini, satu-satunya akses yang bisa publik lihat untuk menuju Royal Vault yakni di tengah ruang kebaktian Kapel St. George.

Kenapa Ratu Elizabeth II Tidak Dimakamkan di Royal Vault?

Setelah melewati prosesi panjang, Ratu Elizabeth II akhirnya dimakamkan di Kapel St. George, Windsor, pada Senin (19/9/2022) sore waktu setempat. Setelah pemakaman Ratu Elizabeth II, peti mati sang suami, Pangeran Philip, juga turut dipindahkan. Pangeran Philip wafat pada April 2021 lalu dan disemayamkan di Royal Vault. Pihak kerajaan kemudian memindahkannya agar dapat kembali bersama sang istri.

Lihat Juga: Pemakaman Ratu Elizabeth II, Ini 5 Fakta Menarik yang Perlu Diketahui

Tapi, kenapa Ratu Elizabeth II yang memimpin Kerajaan Inggris selama 70 tahun tidak dimakamkan di Royal Vault?

Seiring waktu, tempat pemakaman anggota keluarga Kerajaan Inggris itu semakin jarang digunakan karena keterbatasan tempat. Jenazah yang sebelumnya dimakamkan di sana pun beberapa telah dipindahkan ke pemakaman lainnya.

Di Kapel St. George VI, selain bersama sang suami, jenazah Elizabeth II juga disemayamkan bersama kedua orang tuanya yaitu Raja George VI dan Ibu Suri Ratu Elizabeth.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top