News

Tentara Indonesia Siap Kirim Pasukan Ke Myanmar

Tentara Indonesia Siap Kirim Pasukan Ke Myanmar

Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (TNI AD) telah menyatakan kesiapan untuk mengirim pasukannya ke Rakhine, Myanmar, dalam upaya untuk membantu masyarakat Rohingya.

“Namun sampai saat ini belum ada perintah yang diterima dari markas tentara Indonesia untuk mengirim pasukan ke Rakhine, Myanmar. TNI AD hanya menyiapkan pasukannya,” kata Kepala Bagian Informasi Angkatan Darat Brigadir Jenderal Alfret Denny Tuejeh di sini. Kamis.

Dia menyatakan bahwa Angkatan Darat melakukan tugas berdasarkan perintah komandan TNI.

“Kami hanya melakukan pelatihan, apapun tugas yang akan kami lakukan sesuai dengan perintah komandan TNI,” katanya.

TNI bertugas mengamankan perbatasan.

“Pengungsi atau warga negara dari negara lain yang masuk Indonesia secara ilegal akan ditangkap,” katanya.

Hadir di perbatasan bukan hanya personil TNI tapi juga yang berasal dari imigrasi dan bea cukai, antara lain dia tunjukkan.

Para tentara telah menerima pelatihan, termasuk dalam taktik dan teknik, untuk mengamankan wilayah perbatasan.

“Sebelum tentara melakukan tugasnya, kami memberikan pengetahuan tentang taktik dan teknik dalam mengamankan daerah perbatasan,” katanya.

Pemerintah Indonesia akan mengirim bantuan kemanusiaan ke Bangladesh untuk pengungsi Rohingya yang jumlahnya terus meningkat, kata Menteri Luar Negeri Retno L. P. Marsudi sebelumnya.

“Saya telah mendesak duta besar kami di Dhaka untuk menindaklanjuti kebutuhan pengungsi sekarang,” Marsudi mencatat di sini.

Para pengungsi membutuhkan, antara lain, semua tenda musim, karena yang sudah ada tidak dapat lagi mengakomodasi mereka.

Kementerian luar negeri telah menyiapkan daftar kebutuhan para pengungsi yang mencakup hal-hal penting, seperti tenda, makanan, dan air minum.

Dia mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo telah mendesaknya untuk mengirim semua bantuan yang diperlukan kepada para pengungsi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top