News

Teroris Bom Bali I Tertangkap Setelah Buron 18 Tahun

Teroris Bom Bali I Tertangkap

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri kembali menangkap seorang DPO kasus teroris bom Bali I, Zulkarnaen. Dia diketahui telah menjadi buronan aparat selama 18 tahun.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan, Zulkarnaen merupakan salah satu orang penting dalam kelompok Jamaah Islamiyah (JI). Dia diketahui selama ini juga menyembunyikan terduga teroris Taufik Bulaga alias Upik Lawanga.

“Telah dilakukan penangkapan tanpa perlawanan terhadap tersangka DPO,” kata Argo dalam keterangan tertulis, Sabtu (12/12).

Baca Juga : Jokowi Turun Langsung Ke Lokasi Bom Surabaya

Argo mengatakan, Zulkarnaen ditangkap di wilayah, Lampung pada 10 Desember 2020. “Keterlibatan DPO terkait teroris bom Bali I tahun 2001 dan menyembunyikan DPO Taufil Bulaga,” pungkasnya.

Sebelumnya, Densus 88 Anti Teror Polri menangkap terduga teroris Taufik Bulaga alias Upik Lawanga. Dia diketahui buronan kelas kakap dari kelompok Jamaah Islamiyah (JI). Sepak terjangnya dalam aksi terorisme sudah sangat terkenal.

“Saya bisa memastikan iya terjadi tanggal 23 dan 25 memang Densus 88 Anti Teror telah melakukan penindakan terhadap tersangka TB alias Upik Lawanga dan beberapa DPO kelompok JI,” kata Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (26/11).

Baca Juga : Dua Terduga Teroris Rencanakan Pembebasan Napi Mako Brimob

Taufik Bulaga alias Upik Lawanga diketahui salah satu ahli perakitan bom dari kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI). Dia merupakan perakit bom dengan daya ledak besar yang meledak di Hotel JW Marriot dan Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, pada 2003 lalu. Polri telah menerbitkan DPO terhadap Upik Lawanga sejak 2006 silam.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top