News

Tetapkan Komcad 2021, Jokowi: Hanya Untuk Pertahanan Negara!

Tetapkan Komcad 2021, Jokowi: Hanya Untuk Pertahanan Negara!

Presiden Joko Widodo menetapkan Komponen Cadangan (Komcad) 2021 dan menekan untuk digunakan sebagai pertahan negara. Hal tersebut ia sampaikan saat meberi amanat di Upacara Penetapan Komponen Cadangan Tahun 2021, yang dilaksanakan di Pusdiklatpassus, Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (7/10/2021).

Selain Presiden Jokowi, hadir pula Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Tampak pula Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Kepala Staf TNI AL, AU dan AD serta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Kedaulatan negara keutuhan wilayah NKRI, keselamatan bangsa serta rakyat Indonesia merupakan segalanya. TNI sebagai komponen utama selalu siaga, namun perlu dukungan Komponen Cadangan serta komponen pendukung. Itulah sistem pertahanan yang bersifat semesta, sistem pertahanan keamanan rakyat semesta yang melibatkan seluruh rakyat, wilayah serta sumber daya nasional lainnya,” ujar Jokowi.

Presiden menuturkan tiap warga negara memiliki hak dan kewajiban untuk turut serta dalam upaya bela negara dan pertahanan negara. Ia juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh Komcad yang secara sukarela mengajukan diri sebagai Komponen Cadangan.

Lihat Juga: Ini Pesan Penting Presiden Jokowi Di Upacara HUT TNI 2021

Presiden juga menyampaikan masa aktif Komponen Cadangan tak setiap saat. Ia menyebut usai ditetapkan hari ini, anggota Komcad akan kembali ke profesinya masing-masing.

“Anggota Komponen Cadangan tetap bekerja seperti biasanya, masa aktif Komcad hanya pada waktu mengikuti pelatihan dan pada waktu mobilisasi. Tapi anggota Komponen Cadangan harus selalu siaga apabila dipanggil negara. Komponen Cadangan dikerahkan jika negara darurat militer, atau perang, dimobilisasi Presiden yang disetujui DPR, yang dikomandoi oleh Panglima TNI. Artinya, tak ada anggota Komponen Cadangan yang beraktivitas mandiri,” papar Jokowi.

Sebab itu, Presiden Jokowi menekankan Komponen Cadangan tak boleh diperuntukkan untuk kepentingan lainnya. Ia juga mengingatkan fungsinya sebagai pertahanan negara.

“Perlu saya tekankan, Komponen Cadangan tak boleh dipergunakan untuk lainnya, kecuali kepentingan pertahanan,” tuturnya.

3.103 Anggota Komcad Ditetapkan

Pada upacara penetapan ini, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga menyampaikan terkait tahapan pendaftaran sampai pelatihan anggota Komcad. Dia juga menuturkan 3.103 orang telah ditetapkan sebagai Komando Cadangan 2021 oleh Presiden Joko Widodo.

Prabowo mengungkapkan tahapan pembentukan Komponen Cadangan mulai dari pendaftaran pada 17-31 Mei 2021. Kemudian proses seleksi pada 1-17 Juni 2021, disusul Latihan dasar militer 21 Juni-18 September 2021 dan penetapannya dilakukan hari ini, Kamis (7/10/2021).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top