News

Tetsuya Yamagami, Penembak Eks PM Jepang Shinzo Abe Adalah Mantan Anggota Angkatan Laut

Tetsuya Yamagami, Pelaku Penembakan Shinzo Abe

Kepolisian Jepang telah menangkap seorang pria bernama Tetsuya Yamagami sebagai pelaku penembakan eks Perdana Menteri Shinzo Abe di Kota Nara, Jumat (8/7/2022).  Tetsuya langsung ditangkap kepolisian di lokasi kejadian tidak lama usai penembangan itu.

Pelaku diketahui adalah warga lokal Kota Nara. Mengutip berbagai sumber, Tetsuya merupakan mantan prajuti pertahanan diri maritim alias Angkatan Laut Jepang. Pada tahun 2005 ia keluar dari pasukan pertahanan Jepang.

Pelaku dilaporkan tidak melakukan perlawanan ketika ditangkap. Hingga kini, pihak berwenang mengatakan bahwa aksi tersebut dilakukan oleh Tetsuya seorang diri.

Kepolisian Jepang mengungkap motif pelaku melakukan penembakan. Menurut polisi, Tetsuya Yamagami disebut berniat membunuh Shinzo Abe, Jumat (8/7/2022). Mantan anggota Angkatan Laut Jepang itu, ia menembak Abe karena tidak puas dengannya.

Tetsuya Yamagami Menembak Shinzo Abe dengan Senjata Rakitan

Tetsuya Yamagami dilaporkan memakai senjata api rakitan besar untuk melakukan aksinya tersebut. Padahal, Jepang menerapkan hukum kepemilikan senjata yang sangat ketat.

Lihat Juga: Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak Saat Berpidato, Pelaku Langsung Diringkus

Sementara itu, Abe disebut dalam kondisi henti jantung atau cardiopulmonary. Ia langsung dilarikan ke rumah sakit setelah ditembak.

Pihak rumah sakit juga langsung memberikan alat bantu pacu jantung. Abe tertembak sebanyak tiga kali pada bagian dada dan lehernya. Dia ditembak dari belakang saat berpidato di Kota Nara.

Tampak ceceran darah di lokasi kejadian. Menurut foto yang beredar, Abe terlihat berdarah di bagian dada.

Sejumlah media lokal Jepang pun khawatir dengan nyawa Abe. Pasalnya, kondisi henti jantung umum digunakan di dunia medis Jepang ketika kondisi sangat kritis dan kemungkinan besar tidak tertolong sebelum disebut meninggal dunia karena koroner.

Abe merupakan PM Jepang terlama dengan empat periode beruntun. Periode pertama berlangsung pada 2006-2007, periode kedua yaitu dari 2012-2014.

Lihat Juga: Tiba di Amerika Serikat, Putri Mako Resmi Jadi Warga Biasa

Pada tahun 2014, Abe kembali memegang jabatannya hingga 2017. Dia mundur usai menjalani periode ke-4 pada 2020.

Meski pelaku penembakan Shinzo Abe, Tetsuya Yamagami, telah ditangkap, dan polisi juga menungkapkan soal motifnya, namun tidak dijelaskan secara detail terkait ketidakpuasan pelaku kepada Abe.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top