News

Thailand Legalkan Ganja, Negara Pertama di Asia yang Izinkan Tanam di Rumah

Thailand legalkan ganja

Thailand legalkan ganja sekaligus menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang melegalkan ganja untuk tujuan medis dan kosmetik pada, Kamis (9/6/2022).

Selain itu, Thailand juga disebut jadi negara pertama di Asia yang memperbolehkan budidaya ganja di rumah. Meski Thailand legalkan ganja, namun ada beberapa batasan dan larangan yang patut diperhatikan oleh masyarakat dan pihak yang membudidayakan tanaman ini.

Thailand legalkan ganja dengan tujuan meningkatkan kondisi kesehatan di tingkat rumah tangga. Namun, ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi jika masyarakat ingin menanam ganja.

Thailand Legalkan Ganja, Warga Harus Penuhi Syarat Ini

Syarat bagi warga yang ingin menanam ganja dan rami yaitu harus mendaftarkan diri lebih dulu. Pendaftaran bisa dilakukan lewat aplikasi Pluk Kan yang dioperasikan oleh Badan Pangan dan Obat-obatan (FDA) Thailand.

Lihat Juga: Ganja Medis Direstui PBB, Ini Potensinya Di Dunia

Mereka juga menegaskan bagi masyarakat yang ingin menanam kedua jenis tumbuhan tersebut untuk tujuan komersil harus mendapatkan izin dari pihak berwenang.

Setelah mengeluarkan kebijakan melegalkan ganja, Thailand juga melonggarkan impor bagian lain dari tumbuhan ini. Termasuk biji ganja. Pemerintah mengizinkan impor ganja sebagai bibit tumbuhan biasa.

Negeri Gajah Putih itu berharap kebijakan tersebut dapat membuat Thailand menjadi salah satu pemain bisnis ganja di dunia. Mereka juga menargetkan tanaman ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan.

Meski ada pelonggaran, ada sejumlah catatan yang harus diperhatikan oleh warga Thailand. Pemerintah menerapkan batasan ekstraksi tanaman memabukkan ini. Menurut aturan tersebut, kadar zat psikoaktif dalam ganja tidak boleh lebih dari 0,2% tetrahydrocannabinol (THC).

Pemerintah juga bakal mengeluarkan kebijakan pelarangan penjualan kepada perempuan hamil dan kelompok usia kurang dari 20 tahun.

Lihat Juga: Kementan Cabut Keputusannya Terkait Tanaman Ganja Sebagai Tanaman Obat

Selain itu, masyarakat yang mengisap ganja di ruang publik dan menyebabkan kegaduhan bisa dijatuhi hukuman.

Namun setelah Thailand legalkan ganja, muncul kekhawatiran akan kemungkinan kecanduan yang berakibat terhadap kesehatan mental. Untuk itu, pemerintah bakal menyiapkan sistem yang dapat memantau pengguna yang kemungkinan mengidap masalah mental.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

one × 3 =

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top