News

The Power Of Setnov, Kini 2 Pimpinan KPK Terancam

The Power Of Setnov, Kini 2 Pimpinan KPK Terancam

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan terancam lagi. Dua pimpinan lembaga itu, Agus Rahardjo dan Saut Situmorang dilaporkan pengacara Setya Novanto ke Mabes Polri.

Pihak Polri pun secepat kilat dan langsung bertindak. Surat perintah dimulainya penyidikan (SPDP) terhadap dua pimpinan KPK sudah dikeluarkan. Dua pimpinan KPK dilaporkan terkait pencekalan Novanto yang tak dicabut, padahal Novanto sudah menang praperadilan.

Pihak KPK menganggap ini merupakan upaya untuk melemahkan KPK. “Ya, ini kan bukan terjadi kali ini saja, jadi kami pastikan KPK akan menghadapi hal tersebut,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Rabu (8/11).

Febri mengungkapkan keyakinanya kepada Polri yang tetap akan bertindak secara professional dalam menangani semua yang dilaporkan. Karena ini terkait dengan tugas KPK, maka akan terkait dengan pasal 25 UU Tipikor.

“Bahwa proses penyidikan, penuntutan dan persidangan kasus tindak pidana korupsi itu didahulukan dibanding dengan perkara yang lain. Jadi saya kira baik KPK, Polri atau pun Kejaksaan memahami ketentuan di pasal 25 UU Tipikor tersebut,” tegas Febri.

Febri menyampaikan, bahwa saat ini KPK sudah menerima SPDP kasus Agus dan Saut. “Tadi sore kita sudah terima SPDP, yang isi SPDP itu ada dua pimpinan KPK sebagai pihak Terlapor. Jadi perlu ditegaskan di sini, dua pimpinan KPK sebagai pihak Terlapor. Tentu kami akan pelajari, termasuk juga apa yang dipersoalkan tidak tercantum di sana,” tegasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top