News

Tim Kuasa Hukum Jessica Kumala Wongso Minta Persidangan Diawasi Komisioner Komisi Yudisial

Pengakuan Jessica Kumala Wongso Bahwa Dirinya Tertekan

Persidangan kasus pembunuhan ‘Kopi Maut’ yang menewaskan Wayan Mirna Salihin terus berlanjut di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Komisioner Komisi Yudisial ‘KY’ diminta untuk memantau persidangan tersebut. Pemantauan oleh KY dilakukan guna memastikan persidangan pembunuhan ‘Kopi Maut’ Wayan Mirna Salihin berjalan sesuai dengan prosedur.

Pengawasan tersebut merupakan permintaan dari kuasa hukum Jessica Kumala Wongso dimana sebelumnya Tim Kuasa hukum Jessica Kumala Wongso menganggap Hakim Anggota Binsar Gultom bersikap tidak objektif dan cenderung mengintervensi pada saat persidangan.

Salah satu kuasa hukum Jessica Kumala Wongso mengatakan (11/8), “Permohonan ke KY untuk pengawasan dalam persidangam kalaupun tidak diganti kami mohon KY mengawasi persidangan Jessica. Itu wajar. Tidak lain dan macam-macam.”

Dirinya mengklaim bahwa hakim Binsar cenderung memihak Jaksa Penuntut Umum. Hal tersebut terlihat dalam persidangan saat hakim membiarkan Jaksa Penuntut Umum tidak dapat memastikan kehadiran saksi-saksi yang akan dihadirkan dalam persidangan lanjutan.

Selain itu, dirinya menganggap bahwa Jaksa Penuntut Umum cenderung tidak terbuka atas saksi-saksi yang akan dihadirkan.

“Kami tak pernah takut kalau objektif. Contoh, tak pernah ditegor ituh jaksa. Jaksa setelah selesai sidang, besoknya harus siapkan saksi. Yang objektif, jangan tutup-tutupin itu saksi untuk dihadirkan nah yang kalau di di persidangan objektif,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, Seringkali hakim memberikan pendapat sendiri saat persidangan berlangsung. Majelis Hakim baru dapat melakukan pertimbangan setelah pihak terdakwa telah membacakan surat pembelaan.

“Jangan mengarahkan saksi. Jangan berpendapat. Pendapat nanti setelah kami lakukan tuntutan dengan pleidoi. Ada pertimbangan hakim di situ, akan disampaikan betul. Itu maksud saya,” ucapnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top