News

Timnas Indonesia U-20 Lolos ke Piala Asia U-20 2023! Tim Pertama Asia Tenggara yang Melaju ke Uzbekistan!

Timnas Indonesia U-20

Timnas Indonesia U-20 akhirnya sukses mendapat tiket ke Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan setelah mengalahkan Vietnam

Timnas Indonesia U-20 akhirnya sukses mendapat tiket ke Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan setelah mengalahkan Vietnam U-20, Minggu (18/09/2022) malam WIB.

Indonesia U-20 berduel melawan Vietnam U-20 di laga ketiga Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Duel ini sangat krusial bagi kedua tim.

Sebab poin kedua tim sama-sama enam. Jumlah gol dan jumlah kebobolan juga sama. Jadi untuk bisa mendapat tiket ke Uzbekistan, harus ada yang menang di laga ini. Duel pun berlangsung menegangkan.

Bermain di Stadion Gelora Bung Tomo, Minggu (16/9/2022) malam, pelatih Shin Tae-yong tidak memainkan Marcelino Ferdinan sebagai starter. Tiga gelandang dipercayakan kepada Zanadin Fariz, Arkan Fikri, dan Ginanjar Wahyu Ramadhani.

Di babak pertama, Timnas Indonesia U-20 berhasil menguasai jalannya pertandingan. Namun, berbagai upaya yang dibuat Hokky Caraka dan Ronaldo tak cukup membobol gawang Vietnam. 

Pada menit ke-31, Timnas Indonesia U-20 mendapat peluang emas namun tendangan Hokky Caraka cuma melebar. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum. 

Di babak kedua, Marcelino Ferdinand masuk menggantikan Ronaldo. Pada menit ke-59, kebuntuan pecah setelah sang pemain pengganti melepas tendangan dari luar kotak penalti. Skor berubah 1-0. Di menit ke-64, gawang Timnas Indonesia U-20 dijebol pemain Vietnam yang mengubah skor menjadi 1-1. 

Celakanya, pada menit ke-79 Vietnam membalik kedudukan jadi 2-1 melalui gol Dinh Xuan Tien. Pada menit ke-81, Ferrari menyamakan kedudukan jadi 2-2 melalui gol sundulan memanfaatkan sepak pojok. 

Seakan terjadi hujan gol, di menit ke-84, Rabbani membawa Garuda unggul 3-2 setelah memanfaatkan tusukan Nico. 

Hingga laga usai, Timnas Indonesia U-20 berhasil mempertahankan skor 3-2 atas Vietnam. Dengan hasil ini, Indonesia berhasil lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023.

Bukan Omong Kosong Bawa Timnas Indonesia U-20 Lolos ke Piala Asia

Sebelum laga lawan Vietnam U-20 digelar, Pelatih Indonesia U-20 yakni Shin Tae-yong sempat berkoar di media. Ia mendorong para suporter agar datang langsung ke stadion.

Ia dengan pede mengatakan Timnas Indonesia U-20 pasti akan menang. “Saya berharap banyak pada penonton. Datang dan saksikan kemenangan Indonesia,” seru Shin Tae-yong.

Ucapan Shin Tae-yong ternyata terbukti dan bukan omong kosong belaka. Sebelumnya ia juga menegaskan akan membawa Indonesia main maksimal di babak kualifikasi.

Ditemui dalam pers conference setelah kemenangan. Pelatih utama Shin Tae Yong, tidak bisa menutupi kebanggaannya pada anak asuhnya itu.

“Pertama-tama saya sangat bangga, para pemain sudah bisa kami menang lawan Vietnam,” kata Shin Tae-yong dalam sesi jumpa pers usai laga.

“Setelah dapat kemenangan kita lebih percaya diri untuk ke depan pastinya,” imbuh juru taktik asaL Korea Selatan tersebut.

Timnas Indonesia U-20
Momen selebrasi gol pertama Indonesia

Kemenangan tersebut juga diwarnai comeback Timnas Indonesia U-20. Mereka bangkit setelah sempat tertinggal 1-2 hingga memenangkan laga 3-2.

“Itu artinya tim indonesia semakin kuat walaupun kita sedang kemasukan gol atau situasi lagi kalah tetapi kami bisa balikin,” lanjut Shin Tae-yong.

“Sekali lagi saya sangat berterima kasih kepada para pemain dan sangat bangga,” lanjut pelatih 51 tahun tersebut.

Akan tetapi, laga tersebut tetap meninggalkan catatan. Terutama dua gol ke gawang Timnas Indonesia U-20 yang berawal dari serangan balik.

“Para pemain seharusnya sudah tahu lawan taruh bola di belakang terus,” mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu menambahkan.

“Itu memang yang harus diperbaiki ke depannya,” tandas Shin Tae-yong.

Baca juga: Kualifikasi Piala Asia U-20 2023: Timnas Malaysia Gagal Lolos ke Piala Dunia

Daftar Tim Lolos ke Putaran Final Piala Asia U20 2023

Setelah lolosnya Timnas U19 Indonesia, kini tiket untuk melaju ke putaran final Piala Asia U20 tinggal menyisakan 15 buah.

Korea Selatan menjadi tim pertama yang memastikan tempat ke ajang tersebut setelah memetik kemenangan 6-2 atas Timnas Malaysia di Grup E.

Raksasa Asia lainnya, Jepang juga sukses mematikan tiket ke Piala Asia U20 2023 setelah meraih empat kemenangan beruntun di Grup C.

Lalu yang terakhir, ada Iran sebagai tim timur tengah yang sukses mengunci tiket ke Uzbekistan setelah mengalahkan Uni Emirat Arab dengan skor 2-0.

Iran menjadi juara Grup J dengan raihan tiga kemenangan dari tiga pertandingan.

Berikut lengkapnya:

1. Uzbekistan (tuan rumah)

2. Jepang (juara grup C)

3. Korea Selatan (juara grup E)

4. Iran (juara grup J)

5. Indonesia (juara grup F)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top