News

TNI AD Juara Umum Lomba Tembak AASAM 2016 di Australia

aasam

TNI Angkatan Darat menjadi juara umum pada Lomaba Tembak bergengsi Angkatan Darat yang jumlah peserta dari 20 Negara. Senjata yang digunakan untuk loba tersebut adalah senjata buatan dalam Negeri.

Lomba yang berlangsung selama 16 hari, dari 3 Mei sampai 19 Mei 2016 di Puckapunyal Military Range, Victoria, Australia, yang diselenggarakan oleh Angkatan Darat Australia ‘Royal Australian Army’ bertema Australian Army of Skill Arms at Meeting ‘AASAM’.

TNI AD yang menjadi Juara umum AASAM 2016 yang meraih 23 medali emas dari 50 medali emas dari berbagai category lomba tembak yang diperebutkan.

Runner-up dari Angkatan Darat Tiongkok dengan perolehan 9 emas, dan pada peringkat ketiga diraih dari negara Jepang dengan memperoleh 4 medali emas.

AASAM 2016 yang diikuti oleh 20 Negara maupun gabungan negara seperti Kontingen ANZAC ‘Australia New Zealand Army Corps’. Selain itu Negara lainnya yang mengikuti lomba AASM 2016 diantaranya ; Indonesia, Amerika Serikat, Prancis, Kanada, Inggris, Uni Emirat Arab, Tiongkok, Jepang, Australia , Papua Nugini, Malaysia, Singapura, dan Korea Selatan.

TNI AD Juara Umum Lomba Tembak AASAM 2016 di Australia

SS2 V4 pindad.com

Jumlah peserta lomba dari TNI AD adalah 19 orang. Senjata yang digunakan oleh TNI AD berjenis SS-2 V4 buatan PT Pindad, senjata organik pasukan Kostrad. Materi lomba yang di perlombakan dala AASAM 2016 diantaranya Senapan, Senapan Otomatis (SO), Pistol dan Sniper.

Indonesia baru mengikuti lomba AASAM pada tahun 1996/1997, TNI AD sejak tahun 2008 sampai 2016 selalu menempati peringkat teratas sebagai pemenang lomba dengan predikat sebagai juara umum.

 

Keberhasilan TNI AD dalam menjuarai AASAM merupakan profesionalisme prajurit-prajurit TNI yang tidak kalah dengan negara lain. Selain itu menjadi kebanggaan tersendiri bahwa senjata yang digunakan di AASAM merupakan senjata ‘SS-2 V4’ buatan Negeri Sendiri PT Pindad.

Pangkostrad menegaskan kepada Tim TNI AD agar lebih meningkatkan kemampuannya dan tidak lengah, dikarenakan pada AASAM 2017 mendatang akan lebih banyak negara yang akan mengikuti lomba tersebut, yang diperkirakan berjumlah 35 Negara pada AASAM 2017.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top