News

TNI Disebut Gerombolan, Jenderal Dudung Abdurachman: “TNI Punya Kehormatan dan Harga Diri!”

Jenderal Dudung Abdurachman

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman mengatakan dirinya tersinggung atas ucapan Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Effendi Simbolon. Effendi menyebut TNI sebagai gerombolan.

“Jadi kalau menyampaikan kalau TNI seperti gerombolan, lebih-lebih dari Ormas itu menyakitkan bagi saya. Saya sudah lama bertugas di daerah-daerah operasi,” kata Jenderal Dudung Abdurachman saat acara Launching Ketahanan Pangan di Bengkalis, Rabu (14/9/2022).

Ia menyebut Effendi Simbolon memiliki hak untuk menyampaikan pendapatnya. Namun menurut Dudung, TNI juga memiliki kehormatan dan harga diri yang harus dijaga.

“Saya dengar hari ini Pak Effendi Simbolon akan press conference dan meminta maaf. Ya artinya menurut saya memang beliau punya hak konstitusional sebagai anggota dewan. Tapi kami TNI, khususnya TNI Angkatan Darat punya kehormatan dan harga diri,” tegas Jenderal Dudung Abdurachman.

Lihat Juga: Prajurit TNI AD Ramai-ramai Kecam Politikus Effendi Simbolon

Menurutnya harga diri itulah yang mesti dijaga oleh semua prajurit. Ia mengaku prihatin dengan kondisi prajurit setelah mendengar pernyataan Effendi Simbolon.

“Ini (harga diri) yang tidak boleh diganggu, kami TNI AD melaksanakan tugas-tugas baik di daerah operasi maupun tugas-tugas lainnya untuk membantu rakyat ini luar biasa. Kasihan prajurit-prajurit kita,” kata dia.

Jenderal Dudung Abdurachman Tersinggung, Effendi Simbolon Minta Maaf

Sebelumnya, anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon yang menyatakan TNI seperti gerombolan menyampaikan permintaan maaf secara terbuka.

“Dari lubuk hati paling dalam, saya mohon maaf atas apapun perkataan saya yang menyinggung yang menyakiti, yang tidak nyaman, di hati para prajurit,” ucap Effendi, Rabu (14/9/2022).

Permintaan maaf tersebut ia tujukan kepada seluruh prajurit TNI yang sudah tersinggung terkait ucapannya beberapa waktu lalu.

Lihat Juga: Memanas, Effendi Simbolon Kritik Balik Jenderal Dudung: Presiden Aja Enggak Berani Ngomong Gitu

“Siapapun dia. Dari tamtama, bintara, sampai perwira, bahkan sampai sesepuh, para pihak yang tidak nyaman dengan perkataan diartikan lain,” ucap dia.

Mantan Calon Gubernur Sumatera Utara itu mengaku tak ada maksud menyinggung TNI seperti gerombolan apalagi organisasi kemasyarakatan (ormas).

“Saya tidak pernah stigmakan TNI gerombolan,” ungkapnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top