News

TNI Siapkan Pasukan Khusus Untuk Bebaskan Sandera WNI

TNI Siapkan Pasukan Khusus Untuk Bebaskan Sandera WNI

TNI siap bergerak ke tempat dimana WNI di sandera. TNI terus menyiapkan pasukan khususnya untuk dapat menggempur Abu Sayyaf.

Mayor Jenderal TNI Tatang Sulaiman selaku Kepala Pusat Penerangan TNI mengatakan bahwa, Panglima TNI telah menyiapkan pasukan, ‘jadi kalau diperlukan kapanpun kami siap.’

TNI memiliki banyak pasukan khusus yang mempunyai spesialisasi dan multi-spesialisasi diantaranya Detasemen Jalamangkara TNI AL dan Batalion Intai Amfibi Korps Marinir TNI AL selain Komando Pasukan Katak TNI AL ‘TNI AL’, Detasemen B-90 Bravo Korps Pasukan Khas TNI AU ‘TNI AU’, dan Komando Pasukan Khusus TNI AD ‘TNI AD’.

Kendati demikian, pergerakan pasukan akan dilaksanakan apabila sudah ada koordinasi dan kesepakatan antara Indonesia dengan Filipina.

Pasukan Militer Filipina saat ini bersama Front Pembebasan Nasional Moro tengah berusaha membebaskan sandera. Sebelumnya, empat kelompok Abu Sayyaf tewas dalam pertempuran dengan MNLF di sulu, Filipina. Salah satu anggota Abu Sayyaf yang tewas merupakan pemimpin senior kelompok radikal tersebut.

Mayjen TNI Tatang Sulaiman menambahkan, “Sekarang sedang ada upaya besar-besaran dari tentara Filipina, mereka sudah bisa melumpuhkan beberapa dari anggota Abu Sayyaf. Kami berusaha mengikuti perkembangan mereka.”

Pasukan TNI saat ini tidak dapat menggempur Abu Sayyaf dimana intervensi dan operasional militer Indonesia di Filipina terhalang konstitusi Filipina dimana militer negara lain tidak dapat beroperasi.

Saat ini Pasukan Khusus TNI telah disiagakan dan siap meluncur ketika mendapat perintah. Akan tetapi sampai saat ini, Filipina belum meminta bantuan kepada kita.

“Sampai sekarang belum ada permintaan bantuan. TNI pada prinsipnya siap. Seandainya diperlukan kami sudah siap,” ujar Tatang.

Pasukan operasi khusus TNI memiliki based operasional di Pusat Pendidikan Pasukan Pemeliharaan Perdamaian PBB Mabes TNI, Sentul, Jawa Barat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini

To Top