News

Tok! Jokowi Resmi Terima Presidensi G20

Tok! Jokowi Resmi Terima Presidensi G20

Indonesia melanjutkan estafet Presidensi G20 dari Italia. Untuk pertama kalinya Indonesia menjadi Presidensi G20 pada 2022 mendatang. Penyerahan tersebut dilakukan saat penutupan KTT G20 Roma yang dihelat di La Nuvola, Roma, Itala pada Minggu (31/10/2021). Secara simbolis Perdana Menteri Italia Mario Draghi menyerahkan palu kepada Presiden RI Joko Widodo yang dilanjutkan dengan mengetukkan palu tersebut.

“Indonesia merasa terhormat untuk melanjutkan Presidensi G20 pada tahun 2022,” ucap Presiden RI pada keterangan tertulisnya.

Dalam kesempatan tersebut Presiden Jokowi juga mengapresiasi Italia yang sukses memegang Presidensi G20 2021.

“Saya ucapkan selamat pada Italia yang sudah berhasil menjalankan Presidensi G20 tahun 2021,” ujarnya.

Lihat Juga: Diemban Indonesia, Apa Sih Presidensi G20?

Jokowi juga secara langsung mengundang pemimpin-pemimpin negara peserta G20 untuk hadir di KTT G20 yang dihelat di Indonesia. Rencananya Bali akan menjadi tuan rumah pertemuan yang digelar pada 30-31 Oktober 2022 mendatang.

“Kami akan menjamu Yang Mulia dan Bapak, Ibu di ruang terbuka, di hamparan pantai Bali yang indah, yang menginspirasi ide-ide inovatif bagi produktifitas G20 ke depan. Sampai jumpa di Indonesia,” kata Jokowi.

Presiden Joko Widodo menyampaikan, pertumbuhan yang inklusif, people-centered dan ramah lingkungan serta berkelanjutan jadi komitmen utama Presidensi G20 Indonesia. Hal itu, ujar Jokowi, harus dilakukan dengan cara-cara yang tidak biasa, terutama lewat kolaborasi dunia yang lebih kuat serta inovasi yang terus berkembang.

Pangeran Charles Doakan Jokowi Untuk Kesuksesan G20 Di Indonesia

Pangeran Charles asal Inggris tiba-tiba mendoakan Jokowi dalam KTT G20 Italia 2021. Usai menyampaikan terima kasihnya pada Perdana Menteri Italia, Pangeran Charles lalu mendoakan Presiden RI. Ia mendoakan kesuksesan Jokowi, terutama dalam Presidensi G20 tahun depan.

“Inilah mengapa saya juga mendoakan Presiden Joko Widodo berhasil di tiap langkahnya. Saat anda (Perdana Menteri Mario Draghi) melanjutkan perjuangan padanya (Presiden Joko Widodo) dalam satu bulan ke depan,” kata Pangeran Charles.

Lihat Juga: Hadiri KTT G20 Italia 2021, Jokowi Sempatkan Diri Bertemu Perdana Menteri Australia

Setelah mengikuti serangkaian KTT G20 di Roma, Italia, Presiden Joko Widodo melanjutkan lawatannya menuju Glasgow, Skotlandia untuk menghadiri KTT COP26. Dari keterangan tertulis Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presien, Senin (1/11/2021), Presiden Jokowi bersama rombongan berangkat dari Bandara Internasional Fiumicino, Roma, pukul 20.00.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top