News

Tolak Jokowi 3 Periode, Mahasiswa di Daerah Mulai Bergerak Menjelang Aksi 11 April

Tolak Jokowi 3 Periode, Mahasiswa di Daerah Mulai Bergerak Menjelang Aksi 11 April

Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) akan menggelar aksi di depan Istana Negara, Jakarta pada Senin (11/4/2022). Aksi itu dilakukan untuk menuntuk sikap tegas Presiden Joko Widodo (Jokowi) menolak masa jabatan 3 periode. Menjelang aksi tolak Jokowi 3 periode, beberapa kelompok mahasaiswa pun sudah melakukan aksi di daerah, seperti Semarang dan Bogor.

Tercatat, Gerakan Bogor Menggugat Istana melakukan aksi unjuk rasa di kawasan Istana Bogor, Jumat (8/4/2022). Juru bicara Gerakan Bogor Menggugat Istana, Ruben Bentiyan, menyebut demo diikuti oleh mahasiswa dari sejumlah kampus dan organisasi.

Di saat bersamaan, ratusan mahasiswa juga menggelar aksi menolah usulan penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden di Semarang, Jawa Tengah. Aksi dilangsungkan di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jumat (8/4/2022).

Aksi yang dihadiri oleh mahasiswa dari beberapa kampus di Semarang tersebut sempat diwarnai kericuhan saat petugas berupaya memadamkan spanduk dan poster yang dibakar peserta aksi.

Lihat Juga: Sikap Jokowi Belum Tegas, Demo BEM SI Tetap Digelar 11 April

Sehari sebelumnya, Kamis (7/4/2022), ratusan mahasiswa dari Aliansi BEM Sumatera Selatan melakukan unjuk rasa di Simpang Lima DPRD Sumatera Selatan, Palembang.

Demo Mahasiswa Tolak Jokowi 3 Periode di Makassar Ricuh

Aksi demo menolak penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden di pertigaan Jalan Sultan Alauddin-AP Pettarani, Makassar, Sulawesi Selatan, berakhir ricuh.

Kericuhan dipicu oleh aksi mahasiswa yang menutup seluruh ruas jalan sehingga menyebabkan kemacetan parah menjelang waktu berbuka puasa.

Hal ini membuat petugas berupaya membubarkan aksi secara persuasive. Namun, hal tersebut ditanggapi mahasiswa sehingga terjadi kericuhan.

Selain itu, mahasiswa juga menyikapi soal kelangkaan minyak goreng curah dan kenaikan harga BBM yang meresahkan masyarakat kecil.

Peretasan WA dan Akun Media Sosial

Terpisah, jelang aksi demo tolak Jokowi 3 periode pada 11 April 2022, Koordinator Pusat BEM SI Kaharuddin mengaku akun media sosial dan WhatsApp miliknya diretas.

Ia menjelaskan, nomor ponsel yang diretas dalam aplikasi WhatsApp merupakan nomor penghubung BEM SI dengan mahasiswa lain yang akan bergabung pada Aksi Nasional mendatang.

Lihat Juga: Perpanjangan Masa Jabatan Presiden, Jokowi: Setop Wacana, Negara Sedang Hadapi Banyak Masalah

Aksi unjuk rasa tolak Jokowi 3 periode pada 11 April 2022 mendatang disebut akan diikuti oleh 1.000 mahasiswa dari Aliansi BEM SI, Aliansi Mahasiswa Jurusan, Aliansi Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia dan Aliansi Mahasiswa Fakultas.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top