News

Tuntut Perpanjangan Masa Jabatan Anies, Warga DKI Gugat ke MK

Tuntut Perpanjangan Masa Jabatan Anies, Warga DKI Gugat ke MK

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara terkait permintaan dua warga DKI Jakarta soal perpanjangan masa jabatan Anies Baswedan. Riza mengatakan perpanjangan masa jabatan Gubernur DKI harus melalui Pilkada 2024.

“Nanti kami, Anies dengan saya kan 16 Oktober habis, ya sudah kita laksanakan. (Perpanjangan) nanti menunggu Pilkada 2024,” kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (8/4/2022).

Lihat Juga: Dinobatkan Pahlawan Transportasi, Anies Baswedan Justru Dikritik Pakar

Ia menuturkan masa jabatan sejumlah kepala daerah akan berakhir pada pertengahan tahun 2022. Sementara itu, masa jabtan Anies dan Riza akan berakhir Oktober 2022 nanti.

“Kalau jabatan kepala daerah, wakil kepala daerah, bupati, wali kota, gubernur dengan wakil-wakilnya kan selesai sesuai dengan masa jabatannya 15 Mei ini kan ada kepala daerah provinsi yang habis,” tuturnya.

Lihat Juga: Soal Unggahan ‘Anies Presidenku’, Anies Lagi Branding Diri?

Sebelumnya, dua warga DKI Jakarta, A Komarudin dan Eny Rochayati, meminta supaya masa jabatan Gubernur Anies Baswedan diperpanjang. Selain warga DKI, warga Papua juga meminta perpanjangan masa jabatan kepala daerah di Papua.

PKS Yakin Perpanjangan Masa Jabatan Anies Bukan Keinginan Gubernur DKI

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera yakin bahwa keinginan untuk memperpanjangan masa jabatan Gubernur DKI Jakarta itu bukanlah keinginan Anies Baswedan.

“Saya yakin bukan keinginan Mas Anies. Harapan sebagian warga DKI wajar ingin Mas Anies diperpanjang,” ucap Mardani, Jumat (8/4/2022).

Lihat Juga: Muncul Usulan Perpanjangan Jabatan Jokowi, Istana Angkat Suara

Lebih lanjut, anggota Komisi II DPR RI itu menjelaskan alasan kenapa banyak warga yang ingin masa jabatan Anies diperpanjang. Menurutnya, banyak warga Jakarta yang merasakan kebaikan Anies.

“Ada banyak kebaikan Mas Anies yang dirasakan warga Jakarta,” ujarnya.

Namun, Mardani Ali Sera menyampaikan keinginan warga soal perpanjangan masa jabatan Anies itu terhalang oleh UU No 10 Tahun 2016. Ia juga percaya Anies akan mentaati konstitusi dan Undang Undang yang berlaku.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top