News

Turkmenistan, Melarang Semua Jenis Rokok Di Negaranya

Portal Berita

Ribuan bahkan sampai jutaan Rokok telah dibakar di Turkmenistan, Asia Tengah. President Turkmenistan berkampanye akan membasmi Semua jenis Rokok di Negara yang dipimpinnya. Ujar mantan dokter gigi yang sekarang menjabat sebagai President Turkmenistan.

Salah satu Televisi Lokal di Asia Tengah itu menyiarkan sebuah gambar dari kumpulan rokok yang akan dimusnahkan dinegara tersebut. Para pihak berwenang mengatakan bahwa banyak rokok yang diselundupkan secara ilegal ke Turkmenistan dan akan segera dimusnahkan, ujarnya.

President Turkmenistan Gurbanguly Berdymukhamedov

President Gurbanguly Berdymukhamedov terobsesi dengan pola hidep sehat untuk negaranya. Para pedagang diberbagai kota Turkmenistan secara paksa ‘Hukum’ menghentikan penjualan rokok.

Pejabat Negara anti Narkotika mendatangi toko toko yang menjual Rokok dan memberikan imbauan jika tetap memaksa menjual rokok akan dikenakan denda. Walaupun larangan penjualan Rokok belum resmi dipublikasikan oleh pemerintah setempat.

Larangan menjual rokok berdampak pada harga Rokok yang semakin meninggi, dua kali harga normal. Turkmenistan kini menjadi Negara dengan persentase perokok terendah didunia, menurut Organisasi Kesehata Dunia “WHO”. Hanya delapan persen dai populasi penduduk di Negara Turkmenistan.

President sebelumnya ‘Saparmurat Niyazov’ adalah perokok yang berhenti setelah ia mengalami operasi Jantung dan kemudian menandatangani dekrit anti Rokok. Secara bertahap, termasuk kenaikan cukai tembakau dan larangan merokok ditempat umum pada 2013. Langkah-langkah ini telah membuat rokok di Turkmenistan lebih mahal daripada negara lain sekitar eks-Soviet.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top