News

Twit Bahasa Inggris Jokowi Dikomentari Fadli Zon, Istana Bersuara

Twit Bahasa Inggris Jokowi Dikomentari Fadli Zon, Istana Bersuara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuliskan twit berbahasa Inggris berupa ucapan selamat kepada Ismail Sabri Yaakob yang dilantik sebagai Perdana Menteri (PM) Malaysia. Wakil Ketua Umum (Waketum) Fadli Zon menyoroti twit tersebut.

Menurut dia, Jokowi sebaiknya menyampaikan ucapan selamat itu dalam bahasa Indonesia. Mengingat, Malaysia adalah negara serumpun dengan Indonesia.

Staf Khusus Menteri Sekretariat Negara (Stafsus Mensesneg), Faldo Maldini pun angkat bicara. Faldo mulanya mengungkapkan dirinya kerap berbicara dalam bahasa Indonesia meski sama-sama berasal dari Minang, Sumatera Barat.

“Kalau saya bicara sama bang Fadli biasanya pakai bahasa Indonesia. Walaupun saya yakin beliau bisa bicara bahasa Minang. Saya yakinlah, walaupun bang Fadli tidak selama saya di kampung. Yang penting sama-sama paham dan nyaman, orang lain juga paham. Tidak pernah saya anggap bang Fadli kehilangan identitas Keminangannya,” kata Faldo, Minggu (22/8/2021).

Faldo kemudian menjelaskan Jokowi menggunakan bahasa Inggris saat mengucapkan selamat kepada PM Malaysia baru agar dipahami oleh komunitas internasional. Dia menegaskan bukan berarti penggunaan bahasa Inggris mengindikasikan Indonesia dan Malaysia tidak serumpun.

“Presiden pakai bahasa Inggris, juga dalam konteks yang kira-kira mirip, kayak saya dan bang Fadli (saat berkomunikasi). Bukan berarti, tidak merasa satu rumpun. Yang penting, pesannya tersampaikan. Selain itu dapat dipahami oleh komunitas internasional lainnya, yang bahasanya berbeda,” jelas dia.

Faldo menegaskan Jokowi tetap menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi dengan PM Malaysia saat berlangsungnya pertemuan bilateral. Dia pun berterima kasih kepada politikus Gerindra itu yang terus memberikan perhatian kepada Presiden.

“Dalam pertemuan bilateral dengan Malaysia, Presiden pakai bahasa Indonesia. Jadi tidak mengurangi makna apa-apa. Tapi, kami ucapkan terima kasih untuk bang Fadli yang terus perhatian,” imbuh politikus PSI itu.

Fadli Zon Komentari Twit Jokowi

Sebelumnya, Fadli Zon mengomentari twit berbahasa Inggris dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas pelantikan Ismail Sabri Yakoob sebagai PM Malaysia baru. Fadli Zon menilai Jokowi semestinya menggunakan bahasa Indonesia dengan alasan serumpun dengan Malaysia dan Ismail Sabri memahaminya.

“Bagusnya pak @jokowi ucapkan selamat dalam bahasa Indonesia, karena negara tetangga kita Malaysia bahasanya serumpun. Pak @IsmailSabri60 pun paham bahasa Indonesia,” ujar Fadli Zon, Minggu (22/8/2021).

Adapun twit berbahasa Inggris Jokowi disampaikan pada Sabtu (21/8/2021) kemarin melalui akun Twitter resminya @jokowi. Selain mengucapkan selamat kepada Ismail Sabri, Jokowi juga menyatakan siap memperkuat kerja sama bilateral dengan Malaysia.

“Warmest congratulations Your Excellency Ismail Sabri Yaakob @IsmailSabri60 on your appointment as the 9th Prime Minister of Malaysia. Ready to continue working together to strengthen Indonesia – Malaysia bilateral relations,” ujar Jokowi dalam akun Twitter-nya @jokowi.

Kira-kira seperti ini terjemahannya dalam bahasa Indonesia:

“Salam hangat Yang Mulia Ismail Sabri Yaakob @IsmailSabri06 atas pengangkatan Anda sebagai Perdana Menteri Malaysia ke-9. Siap terus bekerja sama untuk memperkuat hubungan bilateral Indonesia – Malaysia,” ujar Jokowi.

Ismail Sabri Yaakob Jadi Pemimpin Malaysia Baru

Untuk diketahui, Ismail Sabri Yaakob kini menjadi PM Malaysia baru menggantikan Muhyiddin Yassin yang mundur dari jabatannya, Senin (16/8/2021) lalu. Ismail Sabri sendiri telah diambil sumpah jabatannya sebagai PM Malaysia pada Sabtu (21/8/2021) kemarin.

Kepemimpinan Muhyiddin diketahui penuh gejolak di tengah kasus Covid-19 yang melonjak dan ekonomi yang lesu di negara yang dipimpinnya. Pada akhirnya, Muhyidding kehilangan dukungan dari aliansinya sehingga menyatakan mundur dari jabatannya sebagai PM Malaysia.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top