News

Ujian Nasional Dan Kesetaraan Ditiadakan, Ini Syarat Kelulusan Sekolah

Ujian Nasional Dan Ujian Kesetaraan Sekolah 2021 Ditiadakan, Begini Mekanisme Kelulusan Peserta Didik

Pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan Sekolah di tahun 2021 resmi ditiadakan. Hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk respons terhadap pandemi Covid-19. Pengumuman ini langsung diberikan oleh Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan mengeluarkan surat edaran Mendikbud tahun 2021.

Surat Edaran Peniadaan Ujian Nasional dan Kesetaraan Sekolah 2021

Pada tanggal 1 Februari 2021, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menerbitkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional (UN) dan Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Dalam surat edarat tersebut dijelaskan bahwa Ujian Nasional dan Kesetaraan di tahun 2021 ini resmi ditiadakan. Dengan demikian, syarat kelulusan peserta didik maupun syarat untuk masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi tidak berasal dari nilai kedua ujian tersebut.

Mekanisme kelulusan

Mekanisme kelulusan peserta didik di tahun 2021 tidak berdasarkan dari nilai Ujian Nasional dan Kesetaraan Sekolah, tetapi berdasarkan pada nilai sikap atau perilaku minimal baik yang tercatat pada rapor.

Peserta didik dinyatakan lulus setelah menyelesaikan program pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 yang dibuktikan pada rapor tiap semester. Selain itu, keikutsertaan peserta didik dalam setiap ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan juga menjadi syarat kelulusan di tahun 2021 ini.

Adapun bentuk ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan untuk mengambil penilaian sebagai syarat kelulusan peserta didik, diantaranya:

  • Portofolio yang berupa evaluasi atas nilai rapor
  • Penugasan dan tes baik secara luring maupun daring
  • Nilai yang diambil dari sikap atau perilaku
  • Bentuk kegiatan lainnya yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan seperti mengikuti ujian akhir semester

Hal ini juga berlaku pada peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Selain melaksanakan ujian dari satuan pendidikan, peserta didik SMK juga melaksanakan ujian kompetensi keahlian yang sesuai dengan jurusannya. Hal ini dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Sementara itu, untuk peserta didik yang akan naik kelas, syarat kenaikan kelas bisa dibilang sama dengan syarat untuk kelulusan peserta didik yang berada di jenjang akhir sekolah.

Peserta didik yang dinyatakan naik kelas, penilaiannya diambil dari portofolio, penugasan, tes secara luring dan daring yang telah dikerjakan serta mengikuti ujian akhir semester.

Baca Juga : Nadiem Makarim akan Ubah Sistem Pendidikan dengan Teknologi

Perlu diketahui bahwa pelaksanaan ujian akhir semester untuk kenaikan kelas di tahun 2021 ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Saat ini, pelaksanaan UAS dirancang untuk mendorong peserta didik agar dapat memaknai setiap pembelajaran yang diikuti. Mereka juga tidak perlu mengukur seberapa tuntas kurikulum yang hendak dicapai.

PPDB daring bagi daerah yang memerlukan

Mengenai sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di tahun 2021 akan dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Mendikbut Nomor 1 tahun 2021 tentang PPDB pada TK, SD, SMP, SMA, dan SMK. Di samping itu, Kemendikbud sendiri akan menyediakan fasilitas bantuan bagi daerah yang memerlukan mekanisme PPDB daring. Hal itu dikarenakan setiap satuan pendidikan di berbagai daerah ada yang tidak memiliki fasilitas yang lengkap saat program PPDB berlangsung.

Baca Juga : Cara Daftar Sekolah Online

Tahun ini, peserta didik yang lulus tidak sempat merasakan masa terakhir di bangku sekolah karena setiap hari mereka mengikuti pembelajaran secara daring. Mereka hanya mendapatkan pembelajaran secara tatap muka atau luring sekitar 1-2 kali dalam seminggu secara luring dengan datang ke sekolah.

Bagi kalian yang lulus di tahun 2021 ini, kabar tersebut bisa menjadi kabar baik maupun buruk. Kabar baiknya, kalian tidak akan melaksanaan Ujian Nasional yang kerap ditakuti karena menjadi syarat kelulusan. Sedangkan kabar buruknya, kalian tidak bisa merasakan bagaimana tegangnya saat mengerjakan soal dan leganya saat Ujian Nasional selesai.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top