News

Umur 24 Tahun, Nur Afifah Balqis Jadi Tahanan KPK

Umur 24 Tahun, Nur Afifah Balqis Jadi Tahanan KPK

‘Umur 24 Tahun’ jadi salah satu trending topik di Twitter, Selasa (18/1/2022). Trendingnya umur 24 tahun tersebut dipicu oleh ditangkapnya Bendahara Umum DPC Demokrat Balikpapan, Nur Afifah Balqis. Nur Afifah yang masih berusia 24 tahun ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lantaran terseret dalam kasus korupsi.

Ia diduga menampung uang suap Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Abdul Gafur Mas’ud. Penangkapan Nur Afifa Balqis berawal ketika Bupati PPU Abdul Gafur Mas’ud ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Abdul Gafur diduga menerima suap proyek dan perizinan Pemkab PPU.

Lihat Juga: 3 Kontroversi Bupati Penajam Paser Utara Sebelum Keciduk OTT KPK

KPK menjelaskan bahwa Nur Afifah mempunyai peran penting dalam kasus tersebut. Pasalnya sebagai bendahara umum, Afifah lah yang menerima, menyimpan dan mengelola suap yang diterima Abdul Gafur.

KPK Sita Uang Rp 1,4 Miliar dan Rp 447 Juta dari Rekening Nur Afifah Balqis

Dalam penangkapan tersebut KPK menyita uang senilai Rp 1,4 miliar. Selain itu, uang sebanyak Rp 447 juta juga diketahui tersimpan dalam rekening milik Nur Afifah Balqis. KPK menduga uang tersebut didapatkan dari rekanan proyek di PPU.

“Seluruh pihak yang diamankan beserta barang bukti berupa uang tunai sejumlah Rp 1 Miliar, dan rekening bank dengan saldo Rp 447 juta serta sejumlah barang belanjaan,” ungkap Wakil Ketua KPK Alexander Marwata saat jumpa pers, Selasa (18/1/2022).

Alexander menyampaikan, uang yang dikumpulkan Afifah dan Abdul Gafur itu diperoleh dari sejumlah kontraktor di salah satu kafe yang berada di Kota Balikpapan serta daerah sekitar Pelabuhan Semayang. Setelah menerima seluruh uang suap, Gafur memerintahkan Afifah untuk menyimpan uang tersebut ke dalam sebuah koper.

Lihat Juga: Telan Anggaran Rp 34 M, Ini Penampakan Rumah Dinas PPU Yang Dilengkapi ‘Dermaga’

Dari akun Instagram pribadi Nur Afifah Balqis, @nafgis_, diketahui dirinya memang akrab dengan Bupati Penajam Paser Utara itu. Pada unggahan terakhirnya, Afifah terlihat duduk di atas mobil BMW bersama sang bupati. Afifah juga dikenal suka membagikan kegiatan sehari-seharinya yang kerap menyantap makanan enak dan jalan-jalan ke luar negeri.

Afifah sendiri baru merayakan ulang tahunnya yang ke-24 pada 2021 lalu. Bendahara Umum DPC Demokrat Balikpapan yang ditangkap KPK terkait tudingan suap pengadaan barang ini pun, jadi rekor usia termuda yang mengenakan rompi oranye. Karena memang sepanjang sejarah KPK belum ada tersangka semuda usia itu.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top