News

Ustadz Maaher At-Thuwailibi Ditangkap Bareskrim

Soni Ernata Alias Maaher At-Thuwailibi Ditangkap Bareskrim

Bareskim Polri resmi menangkap Ustadz Maaher At-Thuwailibi alias Soni Ernata. Ia ditangkap sebagai tersangka dalam kasus SARA yang sebelumnya telah dilaporkan di Bareskrim Polri. Djudju Djumantara, Koordinator tim pengacara Maheer mengatakan kliennya dijemput pada dini hari di kediamannya.

“Tadi pagi sekitar jam 04.00 disaksikan istrinya, langsung dijemput ke rumahnya oleh tim Bareskrim Polri,” tutur Djudju kepada detikcom, Kamis (3/12/2020).

Dalam salinan surat penangkapan tersebut, Maaher At-Thuailibi disebutkan sebagai tersangka. Surat penangkapan tersebut bernomor SP.Kap/184/XII/2020/Dittipidsiber.

Surat tersebut berisi keterangan penangkapan kepada Soni Ernata yaitu pemilik atau pengguna akun Twitter Ust.Maaher At-Thuawailibi Official. Ia ditangkap atas kasus dugaan penyebaraan informasi yang dapat menimbulkan kebencian atau permusuhan antar individu atau kelompok masyarakat tertentu. Ia dijerat hukum atas Pasal 45a ayat (2) juncto Pasal 28 ayat (2) UU No19 Tahun 2016, tentang Perubahan atas UU No 11 Tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik.

Maaher At-Thuwailibi ditangkap atas laporan dari Waluyo Wasis Nugroho pada 27 November 2020. Saat ini Maaher masih menjalani pemeriksaan di Bareskim, dan hingga kini masih belum ada keterangan resmi dari pihak yang berwajib.

Sebelumnya, pihak NU juga melaporkan Soni Ernata alias Maaher At-Thuwailibi ini karena dianggap menghina salah satu kiai NU, yaitu Habib Luthfi bin Yahya. Ia dilaporkan atas cuitannya di Twitter ‘cantik pakai jilbab kaya kiai Banser’ disertai foto Habib Luthfi. Pengacara pihak Nahdlatul Ulama, Muannas Alaidid menilai cuitan Maaher di media sosial tersebut adalah sebuah penghinaan.

Lihat juga: FPI Buka Pendaftaran Jihad ke Myanmar

“Iya cuitan Maaher yang katanya menanggapi twit orang lain yang katanya dia ‘perempuan’. Terus dua tanggapi ‘cantik ya pakai jilbab’, tapi di situ dia mencantumkan foto Habib Luthfi, kan itu tidak ada urusan kok bawa-bawa Habib Luthfi,” terang Muannas.

Cuitan Maaher At-Thuwailibi tersebut tidak dapat diterima oleh pihak keluarga Habib Luthfi. Namun, di sisi lain, Maheer disebutnya bukan pertama kali ini saja menghina ulama.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top