News

Ustaz Abdul Somad Dideportasi Singapura, Apa Alasannya?

Ustaz Abdul Somad Dideportasi Singapura

Ustaz Abdul Somad (UAS) mengaku dideportasi Singapura setelah sebelumnya sempat ditahan di ruangan 1×2 meter. UAS mengaku tidak tahu alasan dirinya dideportasi Singapura.

“Info bahwa saya dideportasi dari imigrasi Singapura itu sahih, betul, bukan hoax,” ujar UAS di channel YouTube Hai Guys Official seperti dilihat LoperOnline.com, Selasa (17/5/2022).

Ustaz Abdul Somad menyampaikan ia ke Singapura bersama istri, anak dan sahabatnya pada Senin (16/5/2022). Sekitar pukul 13.30, mereka tiba di Pelabuhan Tanah Merah, Singapura.

Ia mengatakan istri, anak dan keluarga sahabatnya diperbolehkan masuk ke Singapura. Hanya UAS yang tidak diizinkan, padahal menurut UAS seluruh berkas yang diperlukan untuk masuk ke Singapura telah dibawa.

Setelah sempat dibawa masuk ke ruang 1×2 meter, sekitar pukul 16.30 UAS dan rombongannya lalu meninggalkan Singapura.

Lihat Juga: Ini Kata Abdul Somad Terkait Fatwa MUI Tentang Hindari Shalat Di Masjid

Imigrasi RI Telusuri Kabar Ustaz Abdul Somad Dideportasi Singapura

Kabar UAS dideportasi Singapura kini tengah ditelusuri oleh pihak Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Kemenkumham belum menjelaskan secara rinci penyebab Ustaz Abdul Somad dideportasi Singapura.

“sedang koordinasi dan penelusuran dengan humas Imigrasi,” ujar Kabag Humas Kemenkumham Tubagus Erif Faturahman kepada awak media, Selasa (17/5/2022).

Fadli Zon Ikut Beri Tanggapan 

Anggota Komisi I DPR RI Fadli Zon ikut menanggapi dan mengecam perlakuan tersebut. Fadli Zon menyebut UAS adalah seorang ulama dan warga negara Indonesia yang terhormat.

“UAS adalah warga negara Indonesia terhormat, seorang ulama dan intelektual,” tulis Fadli dalam cuitannya di akun Twitter, Selasa (17/5/2022).

Wakil Ketua Umum (Waketum) Gerindra tersebut menilai kejadian UAS dideportasi Singapura sebagai bentuk penghinaan. Fadli mengatakan aksi mendeportasi Ustaz Abdul Somad sangatlah tak pantas.

“Kejadian ini penghinaan. Sangat tak pantas pihak Singapura memperlakukan UAS seperti itu, termasuk ‘deportasi’ tanpa penjelasan,” sambung dia.

Lebih Lanjut Fadli Zon meminta Duta Besar (Dubes) RI untuk Singapura segera mencari tahu terkait apa yang sebenarnya terjadi soal deportasi UAS.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

four − 1 =

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top