News

Ustaz Tengku Zulkarnain Meninggal Dunia Usai Dinyatakan COVID-19

Ustaz Tengku Zulkarnain Meninggal Dunia Usai Dinayatakan COVID-19

Ustaz Tengku Zulkarnain meninggal dunia satu menit setelah azan Magrib di Riau saat menjalani perawatan usai dinyatakan positif COVID-19.

“Iya, benar baru saja, satu menit usai azan. Saya dari pagi saya mengurus dia, usai azan meninggal,” ujar Ian Machyar, Direktur Corporate Communication RS Tabrani, Senin (10/5/2021).

Tengku Zulkarnain menjalani perawatan sejak 2 Mei 2021 di RS Tabrani, Pekanbaru.

“Setelah Magrib sudah tak ada. Ini semua tengah diurus administrasinya,” tuturnya.

Tengku Zulkarnain dirawat di RS setelah dinyatakan terpapar virus Corona. Ian mengatakan Ustaz Tengku Zulkarnain diketahui positif COVID-19 saat tes swab ketika akan pulang ke Medan.

“Beliau masuk ke rumah sakit kita tanggal 2 Mei. Kita berkewajiban siapa pun yang masuk untuk ditangani. Itu udah jelas perintah Gubernur, kita RS yang ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan. Kita melakukan yang terbaik untuk perawatan,” kata Ian Machyar kepada wartawan, Senin (10/5/2021).

Lihat Juga: Tengku Zulkarnain Kembali “Nyinyir” Terkait Dirut TVRI

Ia menuturkan Tengku Zulkarnain dalam kondisi stabil saat masuk di rumah sakit untuk menjalani perawatan. Menurunya, Tengku Zulkarnain tak memiliki penyakit penyerta.

“Saat masuk kondisinya positif saja, kesehatan stabil. Tak ada penyakit lain,” tuturnya.

Kondisinya Menurun Sejak Sore

Sore tadi kondisinya terus menurun, hingga pihak RS memasangkan alat bantu napas atau ventilator pada Ustaz Tengku Zulkarnain.

“Turun drastis kesehatannya sore tadi. Ini masih di rumah sakit, tadi sore kami memasang ventilator, namun kami tidak bisa selamatkan,” ujar Ian Machyar.

Pihak rumah sakit pun telah berusaha maksimal untuk menyelamatkannya, namun akhirnya Tengku Zulkarnain tutup usia pada sore tadi. esuai rencana jenazah akan dimakamkan di Pekanbaru.

“Dimakamkan di pemakaman COVID-19 di Palas, Pekanbaru,” terang Ian.

Jenazah akan dibawa dari Rumah Sakit Tabrani, Pekanbaru ke Masjid Agung An-Nur Pekanbaru.

“Dari RS siap (selesai) Isya, kemudian dibawa ke Masjid Agung An-Nur,” jelasnya

Jenazah akan disholatkan di dalam mobil jenazah, yaitu di halaman Masjid Agung. Lalu, rombongan langsung menuju pemakaman.

“Di sana nanti disholatkan. Almarhum di mobil, di halaman saja. Setelah itu langsung kita menuju ke pemakaman,” kata Ian.

Lihat Juga: Tengku Zul Serukan Kepada Umat Tangkap Satpol PP Peninju Habib Umar Assegaf

Lokasi Dakwah Ustaz Tengku Zulkarnain Ditracing

Setelah melakukan safari dakwah di Riau dan dinyatakan positif COVID-19, Kepala Dinas Kesehtan Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan pihak puskesmas yang akan melakukan tracing.

“itu nanti bakal dilakukan orang puskesmas. Tidak provinsi yang melakukan, nanti ada tracing, puskesmas,” kata Mimi seperti dilansir dari laman detikcom, Senin (10/5/2021).

“Nanti ada ditanya (dokter) dan ustaz itu, dari mana, akan ke mana. Satgas COVID-19 Provinsi bukan itu (tugas melakukan 3T),” sambung Mimi.

Sementara terkait apakah upaya 3T telah dilakukan atau belum, Mimi mengaku belum tahu pasti. Karena dirinya hanya mendapat laporan positif dari setiap rumah sakit. Diketahui, Ustaz Tengku Zulkarnain sempat keliling Riau untuk berdakwah dan mengaji bersama.

To Top