News

Usul NasDem ke Anies: Pilih Cawapres Bukan Kader Partai

Usul NasDem ke Anies: Pilih Cawapres Bukan Kader Partai

Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali menyampaikan usulan kepada Anies Baswedan agar memilih calon wakil presiden (cawapres) bukan dari kader partai politik. Ali mengatakan cawapres Anies harus orang yang mampu membantu pemenangan di Pilpres 2024.

“Pertama, tentunya cawapres itu orang yang harus membantu elektoral, itu pasti. Kemudian, menstabilkan koalisi, sepakat. Jadi menstabilkan koalisi itu begini, katakana tiga partai koalisi terjadi, kemudian tidak mungkin jadi kalau satu partai mau mengusulkan wakilnya,” kata Ali, Selasa (18/10/2022).

“Jadi maka akan lebih bijak kalau kemudian supaya tidak tarik-menarik, ya sudah kita serahkan kepada Anies yang kemudian (cawapres) bukan dari kader parpol,” sambungnya.

Ali lantas menjelaskan terkait usulannya mengapa Anies sebaiknya memilih cawapres bukan dari kader partai. Dia menegaskan ingin menghilangkan terjadinya kontrak politik dan transaksional politik.

“(Misalnya) sekarang (ada) tiga partai (kolaisi). Kalau berkoalisi, atau dua partai. Anies tidak berpartai, terus kemudian kalau salah satu elite partai minta cawapresnya diambil dari partainya, terus yang dua partai gimana? Akibatnya yang terjadi adalah transaksional kan. Kita ingin menghilangkan hal-hal seperti itu,” tegas Ali.

Lebih lanjut, petinggi NasDem ini mendorong posisi capres dan cawapres harus setara. Kesetaraan ini, kata dia, agar tidak ada yang merasa lebih tinggi dan lebih rendah.

“Nah, yang saya maksud itu kenapa NasDem membangun koalisi itu harus setara supaya kita setara dalam posisi, setara berdiri ya kan. Tidak ada lebih atas, tidak ada lebih rendah, tidak ada yang mau menang sendiri,” ungkapnya.

3 Kriteria Cawapres dari Anies

Sebelumnya, capres yang bakal diusung Partai NasDem di Pilpres 2024, Anies Baswedan memaparkan tiga kriteria cawapres yang akan dipilihnya. Salah satu kriterianya, kata Anies, yakni membantu pemenangan kontestasi Pilpres.

“Saya rasa tidak ada ketentuan. Tapi saya melihat tiga kriterianya. Satu, memberikan kontribusi dalam pemenangan. Kedua, membantu memperkuat stabilitas koalisi. Ketiga, bisa membantu dalam pemerintahan yang efektif,” tutur Anies, Senin (17/10/2022) lalu.

Anies menegaskan saat ini belum menemukan cawapres yang dikehendakinya. Dia juga mengaku tidak terburu-buru menentukan cawapres.

“Tiga (kriteria) ini yang menjadi faktor dan memang belum ada,” sambungnya.

Kata Demokrat Soal Kriteria Cawapres dari Anies

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra menyambut pernyataan Anies Baswedan yang mematok tiga kriteria dalam memilih cawapres yang akan mendampinginya di Pilpres 2024. Herzaky menyebut tiga kriteria yang dikemukakan eks Gubernur DKI Jakarta itu sudah tepat.

“Kalau kami cermati, langkah Anies yang mematok tiga kriteria dan ingin menentukan secara saksama dalam menentukan cawapresnya sudah tepat. Kata kuncinya, bisa berkontribusi dalam pemenangan, koalisi dan pemerintahan,” kata Herzaky, Selasa (18/10/2022).

Menurut Herzaky, Anies membutuhkan sososk cawapres yang mampu menggaet pemilih yang belum terjangkau. Dia mencontohkan pemilih dari kalangan anak muda di bawah usia 40 tahun.

“Misalnya, mesti bisa gaet ceruk suara anak muda di bawah 40 tahunan yang bakal mencapai hampir 60 persenan di 2024. Apalagi kalau ternyata sosok vote getter ini juga punya tim dan pasukan yang solid, memimpin organisasi besar yang bisa membantu merekrut suara, membantu pemenangan,” ungkapnya.

Herzaky melanjutkan cara berpikir Anies selaras dengan Partai Demokrat dan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Jadi, pola pikir Anies ini selaras dengan Demokrat dan Ketum AHY. Kita fokus pada kriteria, bukan nama, bukan sosok, lalu dibedah bersama-sama secara saksama. Tidak perlu terburu-buru apalagi memaksakan sosok-sosok yang sudah jelas elektabilitasnya rendah dan tidak bakal punya kontribusi dalam membangun koalisi,” tegasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top