News

Usulan Capres dari NasDem, Ada Anies Baswedan-Andika Perkasa

Usulan Capres dari NasDem, Ada Anies Baswedan-Andika Perkasa

Usulan capres dari NasDem mulai mencuat, siapa saja kandidatnya?

Partai NasDem bakal menentukan calon presiden (capres) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada rapat kerja nasional (rakernas) pada pertengahan Juni 2022 di Jakarta.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Aceh, Teuku Taufiqulhadi menuturkan sekitar 3.000 kader bakal mengikuti rapat tersebut dengan seluruh DPW akan mengajukan nama kandidat capres.

"Rakernas tanggal 15 hingga 17 Juni 2022 di Istora Senayan. Rakernas ini akan dihadiri sekitar 3.000 orang kader NasDem seluruh Indonesia. Agendanya adalah untuk menjaring calon presiden dari Partai NasDem dalam Pemilu 2024," tulis Taufiq dalam keterangannya, Rabu (4/5).

Lihat Juga: Nasdem Gandeng Anies-Ridwan Kamil Untuk Kovensi Pilpres 2024

Usulan Capres dari NasDem

Hingga kini, sejumlah DPW sudah mengungkap usulan capres dari NasDem. DPW NasDem Aceh, DKI Jakarta dan Jawa Barat mengusulkan Anies Baswedan.

Di saat bersamaan, DPW NasDem DKI Jakarta-Banten juga menyaring beberapa tokoh. Ada Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa.

Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Banten-DKI Jakarta NasDem A Effendy Choirie menyebut mayoritas kader di DKI dan Banten mengusulkan Anies sebab dinilai memiliki pengaruh kuat.

Tetapi, ada juga kader di DKI dan Banten yang mengusulkan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Tapi ya itu tadi, bukan hanya Anies, aspirasi dari masyarakat nama-nama itu muncul. Panglima TNI, ada Erick Thohir, ada Ganjar juga," ungkapnya.

Lihat Juga: Yaqut Puji Erick Thohir Usai Angkat Said Aqil jadi Komisaris KAI, Kode Dukung Maju Capres?

Pria yang akrab disapa Gus Choi itu memastikan tidak ada gesekan terkait usulan capres dari NasDem. Nama Erick muncul, kata Gus Choi, karena kader NasDem yang jadi komisaris BUMN mengusulkannya.

Suara mayoritas kader NasDem DKI dan Banten ini, lanjutnya, belum final. Pasalnya, NasDem DKI dan Banten akan lebih dulu rapat kerja untuk menentukan siapa nama yang akan diusulkan di Rakernas pada Juni nanti.

Jika NasDem DKI dan Banten secara resmi telah memutuskan, maka akan disampaikan kepada DPP NasDem. Kemudian usulan capres dari Nasdem DKI dan Banten akan dikerucutkan menjadi tiga nama dari usulan tiap DPW oleh NasDem pusat dan keputusan akhir ditentukan Ketua Umum Surya Paloh.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top