News

Menyoal Usulan Reshuffle Kabinet Gegara NasDem

Menyoal Usulan Reshuffle Kabinet Gegara NasDem

Relawan Jokowi menyampaikan usulan untuk dilakukan reshuffle kabinet usai NasDem mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres 2024. Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menilai usulan tersebut tidak memiliki alasan yang jelas.

Mulanya, Mardani menegaskan reshuffle kabinet menjadi hak prerogatif Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Pertama, hak reshuffle sepenuhnya milik pak Jokowi sebagai Presiden,” kata Mardani, Selasa (11/10/2022).

Mardani lantas menyebut usulan reshuffle kabinet disampaikan tanpa alasan yang jelas. Apalagi, lanjut dia, usulan tersebut ada kaitannya dengan NasDem yang mengusung Anies sebagai capres 2024.

“Kedua, biasanya reshuffle yang tidak jelas alasannya, apalagi dikaitkan dengan nominasi capres, dapat menjadi bola salju yang membawa momentum,” sambungnya.

Menurut Mardani, munculnya usulan reshuffle kabinet bisa menjadi ujian bagi Presiden Jokowi. Lebih lanjut, politikus PKS itu mengatakan bisa saja Jokowi ditinggal pendukungnya di sisa masa jabatannya sebagai Presiden.

“Ketiga, ini jadi ujian kepemimpinan pak Jokowi. Bisa jadi awal dari fenomena lame duck. Ditinggalnya Presiden pada akhir periode keduanya,” tuturnya.

Kata Politikus NasDem Soal Usulan Reshuffle Kabinet

Menkominfo yang juga politikus NasDem  Johnny G Plate pun mengomentari usulan reshuffle kabinet dari relawan Jokowi usai partainya menyatakan akan mengusung Anies Baswedan sebagai capres 2024. Johnny mengatakan relawan sebaiknya tidak ikut campur dengan hak hal yang menjadi hak prerogatif Presiden.

“Terkait dengan kewenangan melalui konstitusi, apalagi yang berkaitan dengan kewenangan prerogatif Presiden kok ikut campur,” kata Johnny, Selasa (11/10/2022).

Johnny menyampaikan saat ini negara tengah menghadapi banyak tantangan. Karenanya, dia enggan berbicara mengenai hal remeh-temeh.

“Urusan yang masih remeh-temeh begitu nggak usah diurus, negara lagi berhadapan dengan banyak tantangan. Tadi baru aja sidang kabinet, Presiden minta perhatikan betul agar Indonesia tetap resilience, tetap mampu mengatasi perubahan dunia yang begitu luar biasa membahayakan,” tegasnya.

Politikus NasDem itu lantas mengajak semua pihak membincangkan hal-hal yang bersifat substantif, bukan hal remeh-temeh. Perihal Pemilu 2024, lanjut dia, diharapkan menjadi pesta demokrasi rakyat yang berkualitas.

“Jadi mari kita urus hal-hal yang substantif, bukan yang remeh-temeh. Yang substantif itu apa? Yang sesuai UU, yang menjaga demokratisasi kita yang berkualitas, yang mengikuti semua tahapan-tahapan,” papar Johnny.

“Kalau tentang Pemilu serentak 2024, baik Pilpres atau legislatif atau pilkada ikut aturan itu. Dan, diksi yang dipakai, diksi yang harus membesarkan hati dan menjadikan Pemilu adalah pesta demokrasi rakyat, bukan seperti yang itu komentarnya,” tambahnya.

Relawan Jokowi Usul Reshuffle Kabinet

Sebelumnya, relawan Jokowi mengusulkan dilakukannya reshuffle kabinet karena ada gejolak politik dari NasDem. Relawan Jokowi mengaitkan usulan tersebut dengan kontestasi di Pilpres 2024 mendatang.

“Kalau (usulan) reshuffle lebih kepada konteks secara umum. Artinya Presiden punya sisa waktu yang pendek. Dengan dinamika dan gejolak politik yang sudah didahului oleh NasDem sangat wajar untuk langsung melakukan evaluasi supaya lebih terukur target-target sisa waktu pendek ini,” ucap Ketua Umum Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas,” Selasa (11/10/2022).

Umbas lantas menyoroti keputusan Partai NasDem yang (disebutnya) terlalu dini mengumumkan capres yang diusungnya daripada parpol-parpol lainnya di koalisi pemerintah. Dengan begitu, menurut dia, NasDem saat ini telah bersiap berkonstestasi di Pilpres 2024.

“Memang kan sudah kelihatan dengan mencalonkan capres yang lebih cepat daripada partai-partai lain. Di kabinet Jokowi kan yang lebih cepat dan langsung, yang sudah mendeklarasikan kan NasDem ya,” papar Umbas.

“Ini bukan urusan Anies atau tidak, mau siapa pun, tapi dengan mendahului berarti NasDem sudah menyatakan diri bahwa dia sudah mempersiapkan diri untuk langsung kontestasi Pilpres 2024,” lanjutnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top