News

Usulkan Pemilu 2024 Ditunda, Cak Imin Beberkan Alasannya

Usulkan Pemilu 2024 Ditunda, Cak Imin Beberkan Alasannya

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengusulkan supaya Pemilu 2024 ditunda antara satu-dua tahun. Usulan tersebut dia sampaikan sebab ekonomi masyarakat menurutnya belum pulih sepenuhnya akibat pandemi. Menurutnya, pelaksanaan Pemilu yang rencananya bakal digelar Februari 2024 itu juga berpontensi memicu konflik karena pandemi.

Cak Imin menyebut bahwa ekonomi masyarakat hingga pelaku usaha kini baru memasuki tren pemulihan pasca dua tahun terpuruk karena pandemi COVID-19. Sebab itu, dia ingin agar momentum itu tak terganggu termasuk oleh agenda Pemilu 2024.

"Ditunda satu atau dua tahun agar momentum perbaikan ekonomi ini tidak hilang dan kemudian tidak terjadi Freeze untuk mengganti stagnasi selama 2 tahun masa pandemi," ujar Cak Imin kepada awak media di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/2/2022).

Lihat Juga: Soal Perpanjangan Masa Jabatan Presiden, Demokrat: Ini Maunya Pak Jokowi

Ia menyebut penyelenggaraan Pemilu bakal mengganggu pemulihan ekonomi  setidaknya karena tiga hal. Pertama, ujar Muhaimin Iskandar, para pelaku ekonomi biasanya akan rehat menjelang atau selama masa Pemilu karena mereka akan menunggu dan melihat.

Kedua, lanjutnya, transisi kekuasaan atau pemerintahan umumnya membuat laju ekonomi jadi tidak stabil. Sehingga menurutnya, hal tersebut akan mengganggu pemulihan ekonomi, belum lagi setelah Presidensi G20 di mana Indonesia adalah tuan rumah.

Ketiga, pemilu berpeluang memicu konflik dan pembelahan di masyarakat. Walau begitu, dia berharap poin ketiga ini tak akan terjadi.

"Oleh karena itu dari seluruh masukan itu saya mengusulkan pemilu 2024 ditunda satu atau dua tahun," tutur Wakil Ketua DPR tersebut.

Cak Imin: Pemilu 2024 Ditunda karena Tren Ekonomi Baru Menunjukkan Tren Positif

Di sisi lain, Cak Imin mengaku dalam beberapa waktu terakhir sudah banyak berkunjung ke berbagai daerah. Hasil dari kunjungan tersebut, ia mengklaim saat ini ekonomi masyarakat baru menunjukkan tren positif.

Lihat Juga: Usulan Pemilu 2024 Ditunda, Pengkhianatan Terhadap Reformasi dan Demokrasi

Dia juga mengaku banyak mendapat masukan bahwa hingga 2023, perbaikan ekonomi bakal menunjukkan perubahan yang pesat. Oleh karenanya, menurut Muhaimin jangan sampai tren perbaikan tersebut terganggu, sehingga ia mengusulkan agar Pemilu 2024 ditunda.

"Karena itu saya melihat tahun 2024 pemilu yang rencananya kita laksanakan bulan Februari itu jangan sampai prospek ekonomi yang baik itu terganggu karena pemilu," kata dia.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top