News

Ventilator Dari AS Akan Tiba Ke Indonesia

Ventilator Dari AS Akan Tiba Ke Indonesia

Ventilator medis di Indonesia bakal segera teratasi. Selain industri dalam negeri mulai berproduksi, Indonesia juga menjalin kerja sama. Salah satunya dengan Amerika Serikat. ’’Just spoke to my friend, President Joko Widodo of the Republic of Indonesia. Asking for Ventilators, which we will provide. Great cooperation between us,’’ cuit Presiden AS Donald Trump di akun Twitter-nya pada Jumat malam (24/4).

Kerja sama itu merupakan hasil pembicaraan telepon antara Jokowi dan Trump sekitar satu jam sebelum Trump mencuit. Pembicaraan keduanya fokus tentang cara mengatasi pandemi, termasuk mitigasinya.

Kesepakatan tersebut diapresiasi pemerintah Indonesia. ’’Thank you very much for great cooperation between the USA and the Republic of Indonesia,’’ ujar Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman lewat pernyataan resmi kemarin (25/4).

Nantinya, ketika masuk ke Indonesia, ventilator dari AS itu dipastikan mendapat pembebasan bea masuk. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 34 Tahun 2020 tentang Pemberian Fasilitas Kepabeanan dan/atau Cukai Serta Perpajakan atas Impor Barang untuk Keperluan Penanganan Pandemi Covid-19.

Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Ditjen Bea Cukai Kemenkeu Deni Surjantoro menjelaskan, ada 73 barang yang dibebaskan bea masuknya. Di antaranya, kelompok hand sanitizer dan produk mengandung disinfektan, test kit dan reagen laboratorium, virus transfer media, obat dan vitamin, serta peralatan medis seperti ventilator, swab, hingga termometer. Selain itu, semua perlengkapan APD.

Sementara itu, tiga jenis peralatan uji sampel Covid-19 dari Tiongkok tiba di Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, kemarin pagi (25/4). BNPB dan Balitbang Kementerian Kesehatan mendistribusikan peralatan uji sampel tersebut kepada BPBD DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Seperangkat peralatan itu berupa kit Viral RNA Isolation, kit Multiplex Real-time PCR, dan viral transport medium.

Ventilator Dari AS Akan Tiba Ke Indonesia
Ventilator

Sehari sebelumnya (24/4), pemerintah Republik Korea juga mendonasikan alat uji RT-PCR yang mampu memeriksa 32.200 kasus. Bantuan tersebut diserahkan Duta Besar Korea Selatan H.E. Kim Changbeom.

Di sisi lain, Kemenko Kemaritiman dan Investasi bersama TNI Angkatan Udara (AU) juga berhasil mendatangkan bantuan alat pelindung diri (APD) dari Phnom Penh, Kamboja. APD sebanyak 140 ribu itu dipesan Yayasan Ishihara, Taiwan.

Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Marves Purbaya Yudhi Sadewa mengungkapkan, bantuan senilai total USD 540 ribu atau setara Rp 8,41 miliar itu terdiri atas 15 set ventilator, 20 ribu alat pelindung wajah, dan 300 ribu masker medis yang akan dikirim dalam beberapa gelombang.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top