News

Video Lelaki Kardus Membuat Pemerintah Menyurati Youtube

youtube

Pemerintah Indonesia yang diwakilkan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika akan menyurati Youtube untuk dapat menghapus video lagu yang berjudul ‘Lelaki Kardus’ menindaklanjuti aduan konten dari Lembaga Perlindungan Anak ‘LPA’ Indonesia.

Seorang anak perempuan yang menyanyikan lagu ‘Lelaki Kardus’ menceritakan tentang seorang ayah yang menikah lagi dan menduakan istrinya. Lagu plus video yang dibawakan oleh seorang anak wanita dinilai LPA merendahkan martabat dan tidak mendidik.

Ismail Cawidu selaku Kepala Pusat Informasi dan Humas Komunikasi dan Informatika mengatakan bahwa, Pencipta lagu ‘Achmad’ setelah dihubungi dengan kesadaran sendiri akan menurunkan dari Youtube.

“Karena sudah banyak yang mengunduh video lagu tersebut maka video tersebut masih ada di Youtube. Kominfo segera mengirim surat ke Youtube agar dapat menghapus video tersebut,” ujarnya.

LPA Indonesia mengecam keras pihak yang telah memproduksi dan menyebarkan video tersebut. Pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar dapat membangun persepsi bersama bahwa video lagu ‘Lelaki Kardus’ tidak ramah anak.

lelaki kardus

Anak wanita yang menyanyikan lagu Lelaki Kardus

Terlihat dalam video lagu Lelaki Kardus menampilkan anak-anak pada tayangan dan nyanyian yang seharusnya tidak dikonsumsi oleh anak dibawah umur yang merupakan bentuk perlakuan salah terhadap anak. Jika materi ini dibisniskan untuk tujuan komersial, perlu diwaspadai bahwa ada unsur eksploitasi anak.

LPA Indonesia mengajak semua pihak untuk tidak menyebarluaskan video ini. tidak memberikan komentar yang merendahkan anak-anak, selama video ‘Lelaki Kardus’ ada pada media daring.

LPA Indonesia mengajak semua pihak yang peduli bersama-sama melaporkan keberadaan video tidak layak dikonsumsi oleh anak ke Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo) dan meminta Kominfo untuk memblokir video ini, melalui alamat email aduankonten@mail.kominfo.go.id.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top