News

Video Viral Cekcok Debat Capres, “Jokowi Serang Personal”

Andi Arief, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat lewat akun Twitter miliknya @AndiArief_ mem-posting sebuah video kericuhan dalam debat kedua antarcapres, Minggu (17/2). Saat dikonfirmasi, Komisioner Komisi Pemilihan Umum RI (KPU), Wahyu Setiawan mengaku memang ada protes yang dilakukan oleh Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

Wahyu menuturkan, BPN mengajukan protes lantaran menilai capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menyerang personal lawannya Prabowo Subianto.

“Itu terkait dengan mereka yang protes capres 01 menyerang secara personal. Mereka mau mengomunikaisan aturannya sama KPU,” ujar Wahyu saat dihubungi, Senin (18/2).

Wahyu mengatakan. adanya insiden keributan itu pun berhasil dilerai. Kesepakatan yang didapat adalah apabila pernyataan Jokowi soal kepemilikan lahan Prabowo dianggap pelanggaran, maka tinggal dilaporkan ke Bawaslu.

“Waktu itu disepakatai pada waktu itu, dan BPN akan secara resmi akan melaporkan kepada Bawaslu,” katanya.

Dia menambahkan, KPU pun menyarankan apabila timses mau memprotes jalannya debat, mereka bisa melaporkan dugaan pelanggaran yang dimaksud ke Bawaslu. Bukan cekcok di arena debat.

Sekadar informasi beredar video yang memperlihatkan keributan sejumlah politikus pendukung Jokowi dengan Prabowo Subianto. Hal itu terungkap dalam video yang diunggah oleh Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Andi Arief melalui akun Twitter miliknya @AndiArief_.

“Partai Demokrat tadi malam protes keras KPU yang membiarkan terjadinya serangan yang melanggar aturan,” tulis Andi Arief.

‎Adapun di awal video, tampak suasana begitu tegang karena Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan memperlihatkan emosinya sehingga harus dilerai.

Sementara Juru Bicara BPN Ferdinand Hutahaean dalam video itu tampak protes ke para komisioner KPU. Dia meminta KPU menegur capres nomor urut 01 Jokowi yang menyerang pribadi Prabowo Subianto.

“Pokonya kami minta KPU menegur Pak Jokowi karena yang dilakukannya adalah salah‎,” kata Ferdinand dalam video itu.

Diketahui, dalam debat kedua Jokowi mengungkapkan Prabowo memiliki ratusan ribu hektare lahan di dua provinsi. Yakni di Kalimantan Timur seluas 220 ribu hektare dan di Kabupaten Aceh Tengah seluas 120 ribu‎ hektare.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top