News

Video Viral Warga Satu Desa Di Tuban Borong Ratusan Mobil

Video Viral Warga Satu Desa Di Tuban Borong Ratusan Mobil

Sebuah video menjadi viral di media sosial setelah menampilkan warga satu desa di Tuban yang memborong ratusan mobil baru. Video viral tersebut salah satunya diunggah oleh akun @ndorobeii di media sosial Instagram. Hingga saat ini ratusan ribu kali tayangan dan ribuan komentar memenuhi kolom komentar dari video berdurasi 59 detik itu.

“Warga ramai-ramai beli mobil baru setelah menerima uang ganti rugi lahan kilang minyak Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur,” tulis keterangan video tersebut.

Kepala Desa Sumurgeneng, Gihanto membenarkan bahwa video viral yang menampilkan pembelian mobil tersebut. Menurutnya, video yang tengah ramai di media sosial itu menunjukkan aksi pembelian 17 kendaraan roda empat secara bersamaan. Namun sebenarnya total mobil yang dibeli oleh warga desa tersebut mencapai 176 unit.

“Iya betul itu video yang viral. Itu pembelian mobil baru yang bersamaan oleh warga Desa Sumurgeneng sebanyak tujuh belas unit. Tetapi ada yang masih inden,” jelas Gihanto dilansir dari laman detikcom, Selasa (16/2/2021).

Dari keterangannya, belasan mobil baru tersebut datang bersamaan di desanya dan diangkut menggunakan truk towing. Bahkan pengirimannya dikawal oleh pihak kepolisian, beberapa mobil yang dibeli seperti Honda HRV, Mitsubishi Xpander, Toyota Innova, Honda Jazz, dan Mitsubishi Pajero.

Kenapa Warga Ramai-ramai Borong Mobil Baru?

di balik video viral tersebut, ternyata warga satu desa di Tuban itu baru saja menerima uang ganti rugi untuk kilang minyak senilai miliaran rupiah. Menurut Gihanto, rata-rata warganya menerima uang ganti rugi sebesar Rp 8 miliar. Namun ada juga yang memiliki lahan 4 hektar dan menerima Rp 26 miliar.

“Pertamina membeli tanah Rp 600.000 sampai Rp 800.000 per meter. Jauh lebih mahal dari harga tanah pada umumnya di tempat ini,” jelasnya.

Desa Sumurgeneng sendiri dihuni oleh 840 KK, sedangkan warga yang lahannya dijual karena termasuk dalam penetapan lokasi kilang minyak ada 225 KK.

Lihat Juga: Video Viral! Gadis Kecil Disuruh Minum Miras

“Ya memang kondisinya seperti itu, dapat uang kemudian beli mobil. Ada pula yang dibelikan tanah kembali atau membangun rumah juga,” kata Gihanto.

To Top