News

Viral Aipda Ambarita Paksa Periksa HP Warga, Berbuntut Mutasi Ke Humas

Viral Aipda Ambarita Paksa Periksa HP Warga, Berbuntut Mutasi Ke Humas

Viralnya video Aipda Monang Parlindungan Ambarita memeriksa telepon genggam warga ketika patroli berbuntut panjang. Anggota Sabhara di Polres Metro Jakarta Timur ini, saat ini diperiksa oleh Propam Polda Metro Jaya. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyampaikan pemeriksaan Aipda Ambarita terkait dugaan pelanggaran SOP dalam pemeriksaan HP.

“Sekali lagi saya sampaikan, memang benar kita mengakui terdapat dugaan kesalahan SOP. Jadi saat ini Pak Ambarita kita periksa di Propam,” kata Yusri kepada awak media, Selasa (19/10/2021).

Yusri menekankan polisi berwenang memeriksa maupun menggeledah telepon genggam, selama hal tersebut dilakukan sesuai SOP yang berlaku.

“Apakah polisi bisa melakukan pengecekkan HP? Ya bisa, tergantung sesuai tidak dengan SOP. Contohnya beliau dari Resmob mengamankan pelaku penadahan misalkan, bisa tidak memeriksa HP? Bisa, jika sesuai SOP,” terang Yusri.

Lihat Juga: Polisi Banting Pendemo Di Tangerang, Alasannya Cuma Refleks

Soal kasus Aipda Ambarita sendiri, Yusri mengatakan adanya dugaan pelanggaran SOP yang dilakukannya. Yusri menyampaikan pihaknya bakal menindak apabila ada pelanggaran disiplin yang terbukti dilakukan oleh Ambarita.

“Karena itu dugaan atas Pak Ambarita ini bakal kita lakukan pemeriksaan oleh rekan-rekan dari Propam. Jika memang terdapat kesalahan disiplin, bakal kita lakukan tindakan tegas,” ucapnya.

Aipda Ambarita Dimutasi Ke Humas

Menuyul viralnya video penggeledahan HP yang dilakukan oleh Ambarita bersama tim Raimas Backbone itu, saat ini Ambarita dimutasi. Dia dimutasi ke Polda Metro Jaya Bidang Humas. Selain Ambarita, Aiptu Jakaria atau yang dikenal dengan Jack alias Jacklyn Chopper juga dimutasi ke Humas. Yusri Yunus menyampaikan mutasi tersebut adalah penyegaran personel yang umum dilakukan di instansi Polri.

“Kami ini semua anggota Polda Metro Jaya, mutasi tersebut merupakan hal wajar tour of duty ya kan, penyegaran. Termasuk Pak Jacklyn. Pak Jacklyn ini mutasi dari Jantaras ke Humas,” tutur Kombes Yusri kepada awak media di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (19/10/2021).

Yusri lalu memaparkan alasan kenapa Jacklyn dan Aipda Ambarita dimutasi ke Humas. Salah satunya, karena keduanya cukup populer di media sosial, jadi diharapkan bisa memperkuat bidang Kehumasan.

“Mengapa ke Humas? Pak Jacklyn ini salah satu orang yang memiliki bakat main medsos. Boleh lihat followers Pak Jacklyn bagus tidak? Kita membutuhkan orang-orang yang expert di bidangnya. Expert di bidangnya, beliau senang main media sosial kebetulan pengelola media sosial di Polda Metro Jaya ini humas,” terangnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top