News

Viral Besinya Dicuri, Emang Tiang Monorel Jakarta Mau Dibuat Apa?

Pencurian Besi Tiang Monorel Jakarta

Aksi pencurian terekam kamera terjadi di lokasi proyek monorel DKI Jakarta yang saat ini mangkrak. Kejadian itu pun menjadi viral di medsos, dalam rekaman video yang beredar pencurian besi tiang monorel itu berada di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Pembangunan yang dimulai pada 2004 ini masih belum rampung hingga saat ini. Bahkan, cenderung mangkrak dan menjadi proyek terbengkalai. Proyek yang terkesan ditinggalkan itu kini menyisakan tiang-tiang panjang yang berdiri di sejumlah jalan utama di DKI. Salah satunya berada di Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jaksel.

Sebagai pemilik aset tiang monorel, PT Adhi Karya menurut kabar terakhir, mereka mengatakan masih belum diberi perintah lebih lanjut untuk menangani tiang-tiang monorel yang mangkrak tersebut.

Tetapi, menurut Pundjung Setya Brata, Direktur Operasi II PT Adhi Karya (Persero) Tbk, sebaiknya tiang-tiang itu dimanfaatkan. Soal digunakan untuk apa, Adhi Karya terbuka menerima ide. Salah satu idenya yaitu menjadikannya sebagai skywalk atau jalur pejalan kaki.

“Kami menunggu perintah serta kajian resmi yang lebih lanjut. Namun akan lebih baik jika tiang itu bisa didayagunakan. Kami terbuka dengan ide mengenai pemanfaatan tiang itu,” ujar Pundjung, kepada detikcom, Jumat (23/10/2020), dikutip dari detikcom, Minggu (18/7/2021).

“Salah satu idenya untuk dijadikan skywalk,” tuturnya.

Lihat Juga: Dinobatkan Pahlawan Transportasi, Anies Baswedan Justru Dikritik Pakar

Nantinya, skywalk tersebut terintegrasi dengan stasiun LRT yang terletak di kawasan tiang monorel tersebut. Jadi akses pejalan kaki itu akan memudahkan para pengguna LRT Jabodebek yang turun di stasiun karena lebih mudah menuju ke kedung-gedung di sekitarnya.

Tapi pihaknya baru menyusun konsep pembangunan jalur pejalan kaki itu. Soal anggaran yang dibutuhkan pun masih belum diketahui nilainya.

“Ini nanti bakal diintegrasikan dengan stasiun LRT misalkan, dan akses ke building di sekitarnya jadi tak perlu turun. Sekalian menciptakan ruang bagi pejalan kaki,” terang Pundjung.

Sementara soal pencurian besi tiang monorel yang kini viral, Adhi Karya mengaku belum bisa berbicara banyak. Kini, mereka masih mengecek kejadian pencurian besi tiang monorel tersebut.

“Kami cek ke lapangan dahulu,” kata Sekretaris Perusahaan Adhi Karya Farid Budiyanto, mengutip dari detikcom, Minggu (18/7/2021).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top