News

Viral Sumur Resapan Jakarta Dibuat di Atas Trotoar, Begini Penjelasan Wagub DKI

Viral Sumur Resapan Jakarta Dibuat di Atas Trotoar, Begini Penjelasan Wagub DKI

Viral rekaman video program sumur resapan Jakarta menuai kritik karena dibuat di atas trotoar. Wakil Gubernur (Wagub) DKI Ahmad Riza Patria menjelaskan terkait program sumur resapan Pemprov DKI.

Sebelumnya video viral tersebut diunggah oleh politikus Ferdinand Hutahean melalui akun Twitter miliknya. Ia mempertanyakan bagaimana sumur resapan tersebut dapat berfungsi jika dibuat di atas trotoar.

Proyek gila, proyek bodoh dari Pemprov DKI buat sumur resapan di atas trotoar. Lalu air dari mana yang akan masuk ke dalam jika trotoarnya sendiri lebih tinggi dari permukaan jalan, ditambah sumur resapannya lebih tinggi. Terus air apa yang akan masuk ke dalam. Ini Pemprov DKI benar-benar akalnya tidak jalan,” kata Ferdinan di videonya.

Lihat Juga: Buruh Teriak ‘Jangan Jadi Gubernur Penakut’, Anies Mau Maafkan?

Video yang diunggah tersebut menunjukkan proyek sumur resapan Jakarta tengah dalam proses pengerjaan. Terlihat galian tanah dan sumur resapan dalam pemasangan.

Wagub DKI Jakarta Riza Patria mengatakan adanya kesalahpahaman terkait penempatan sumur resapan. Ia menyampaikan cara kerja sumur tersebut bukan hanya untuk membuat air meresap ke dalam.

“Air akan masuk lewat tali-tali air ke bak kontrol yang kotak. Air bakal disaring sebelum masuk ke sumur resapan (bulat). Contoh ini sumur resapan Gandaria City,” kata Riza di akun Instagram miliknya.

Lihat Juga: PDIP Semprot Pemprov DKI Soal Atap Warna-warni di Jaksel

Rica juga menyampaikan terima kasih ke Dinas Sumber Daya Air yang masih terus bekerja. Tujuan pembangunan sumur resapan Jakarta sendiri sebagai upaya penanganan banjir Ibu Kota yang disorot oleh berbagai pihak. Wagub DKI menuturkan efektivitas penanganan banjir tidak dapat dilihat lewat satu program saja.

“Soal efektivitas program pengendalian banjir pencegahan tersebut kan banyak sekali, tak hanya sumur resapan tetapi ada juga gerebek lumpur, pengerukan, pompa, polder, pembuatan, waduk, normalisasi dan naturalisasi, pembuatan tanggul dan lainnya,” ungkap Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (16/11/2021).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top