News

Viral Tabrakan LRT Di Cibubur Saat Uji Coba

Viral Tabrakan LRT Di Cibubur Saat Uji Coba

Kecelakan light rail transit atau LRT terjadi saat rangkaian gerbong diujicoba pada hari ini. Insiden tabrakan LRT itu tersebut terjadi di Munjul, Cibubur, Jakarta Timur. Foto dan video insiden itu pun ramai di media sosial. Terlihat sebagian bagian rangkaian LST ada yang sampai ke atas rangkaian lainnya. Pemadam kebakaran Jakarta Timur pun dilibatkan untuk menangani kecelakaan LRT tersebut.

“Betul, kami sedang pada menuju ke sana,” kata Kepala Seksie Damkar Jakarta Timur Gatot Sulaiman, seperti dikutip dari detikcom, Senin (25/10/2021).

Gatot menerjunkan tim dari sektror Pemadam Kebakaran Cipayung agar secepatnya dapat melakukan penanganan di lokasi. Ia belum memperoleh informasi detail terkait kejadian tabrakan LRT ini.

“Benar posisinya di Munjul. Infonya keretanya tengah diujicoba. Keretanya kosong,” imbuhnya.

Sementara VP Public Relation PT KAI (Persero) Joni Martinus menuturkan uji coba ini dilakukan oleh PT INKA (Persero). Menurutnya insiden ini adalah tanggung jawab INKA.

“Ini masih dalam uji coba oleh pihak INKA, dan masih dalam tanggung jawab INKA. Penjelasan bakal disampaikan oleh INKA,” ujarnya.

Lihat Juga: Akibat Kurangi Layanan Trans Jakarta & LRT. Anies Diingatkan Belum Jadi Presiden.. Masih Gubernur..

Sedangkat Corporate Secretary Adhi Karya Farid Budiyanto sedang menggali informasi lengkap soal insiden tabrakan LRT itu.

“Sekarang ini kami masih mengumpulkan informasi selengkapnya, mengingat uji coba kereta adalah ranah INKA dan KAI sementara ADHI sebagai penyedia prasarana. Kami tengah berkomunikasi bersama PT KAI dan INKA untuk mendalami insiden di lapangan,” ucapnya.

Sebelumnya PT Adhi Karya (Persero) sebagai kontraktor proyek ini pada keterbukaan informasinya di BEI (Bursa Efek Indonesia) melaporkan soal pembangunan terbaru LRT Jabodetabek. Tanggal 16-17 Oktober 2021 telah dilakukan tes beban terhadap lintasan LRT Jabodetabek.

Tes beban tersebut dilakukan di bentang panjang yang berada di jalan tol Jakarta Outer Ring Road. Salah satu lintasan disebut sebagai yang terpanjang di dunia.

“Bentang panjang ini mempunyai panjang sampai 90 km dan mengalahkan salah satu bentang terpanjang di Dubai, yaitu 74 meter,” tulis Adhi Karya saat keterbukaan informasi pada Rabu (20/10/2021).

Adhi Karya menjelaskan pekerjaan pada LRT Jabodetabek adalah penyambungan lintasan, pembangunan stasiun, jalur layang, lintasan rel dan persinyalan. Sampai akhir September 2021, proses pembangunan sarana penunjang LRT Jabodetabek telah rampung 87,54%.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top