News

Viral Uang Tabungan 50 Juta Rupiah Buat Umroh Raib Dimakan Rayap

tabungan 50 juta

Viral video uang tabungan yang ditabung dalam celengan selama sekitar 2,5 senilai Rp. 50 Juta yang dikumpulkan oleh Samin, seorang penjaga sekolah SD Negeri Lojiwetan, Solo hancur dimakan rayap.

Viral video uang tabungan 50 juta, yang ditabung dalam celengan selama sekitar 2,5 oleh Samin (53), seorang penjaga sekolah SD Negeri Lojiwetan, Solo hancur dimakan rayap. 

Uang tersebut rencananya akan digunakan sebagai biaya untuk mendaftar haji, sayangnya saat dibuka uang kertas pecahan Rp. 50.000 dan Rp. 100.000 malah hancur tak berbentuk.

“Awalnya saya punya keinginan daftar haji sama istri dan anak-anak, dapat rezeki sedikit demi sedikit saya masukkan ke kaleng. Itu tabungan sejak sebelum pandemi Covid-19,” kata penjaga SDN Lojiwetan Solo Samin di Solo seperti dilansir Antara, Selasa (13/9/2022)

Namun, sejak tiga hari lalu pria berusia 53 tahun ini memiliki firasat buruk terkait uang yang ditabungnya. Oleh karena itu, ia meminta istrinya untuk segera membuka dan menghitung hasil tabungan.

Baru tadi pagi, Selasa (13/9) istrinya akan membuka celengan. Namun, saat akan dibuka justru muncul rayap dari dalam celengan. Oleh Samin, celengan langsung dibuka dan dilihatnya berlembar-lembar uang pecahan Rp50.000 dan Rp100.000 sudah rusak dimakan rayap.

“Saya kebetulan punya celengan dua, yang satu masih utuh, karena celengan baru. Kalau yang rusak ini celengan lama, tapi karena sudah penuh saya pakai celengan yang baru. Kalau yang satu isinya sebesar Rp49,8 juta, kemungkinan celengan yang rusak ini lebih dari itu, karena lebih banyak isinya,” katanya.

Dia mengatakan uang tabungan 50 juta tersebut berasal dari hasil jualan istrinya di kantin sekolah. Selain itu, setiap memperoleh rezeki selalu disisihkan sebagian untuk ditabung.

“Kadang-kadang dapat Rp100-Rp200 ribu, setiap bulan bapak ibu guru ngasih Rp300 ribu dari saya membuatkan teh, saya masukkan di situ. Ibunya jualan, ada lebihan ya dimasukkan di situ,” katanya.

Mencoba Menukar tabungan 50 juta di Bank Indonesia

Selasa (13/9/2022) sore, Samin membawa uang puluhan juta rupiah yang dimakan rayap miliknya ke Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo. Namun, ada satu plastik uang rusak miliknya yang kecil kemungkinannya untuk bisa ditukar dengan uang baru.

Kedatangannya di KPw BI Solo, Selasa (13/9/2022) sore, diterima oleh Kepala KPw BI Solo, Nugroho Joko Prastowo. Samin mendapatkan penjelasan bahwa uang yang dapat ditukar ialah yang masih tersisa lebih dari dua per tiga bagian atau 68 persen.

“Uang bisa ditukar dengan yang baru jika masih dapat menunjukkan dua per tiga bagian atau 68 persen,” kata Joko dalam pertemuan itu

Kemudian Joko meminta Samin untuk mencoba merangkai pecahan uang yang sudah rusak itu agar bisa mencapai 68 persen. Samin sendiri sudah memilah beberapa uang yang masih berwujud lembaran, meskipun ada bagian berlubang.

“Kalau yang sudah rusak parah itu coba dirangkai, barangkali ketemu yang sesuai nomor serinya. Kalau yang rusak sedikit itu nanti lebih mudah mengeceknya,” ujar Joko.

Kemudian tim dari BI mencoba mengecek kondisi uang Samin menggunakan alat khusus. Beberapa uang yang dicek hasilnya kurang dari 68 persen. Bisa saja kemungkinan tabungan 50 juta yang dimiliki Samin raib.

“Nanti juga kami cek dengan alat manual dan tetap kita bantu, karena ini kan juga bukan kesengajaan,” ujarnya.

Samin kemudian diminta agar kembali datang pada Kamis lusa dengan membawa uang tabungan 50 juta yang sudah disatukan. Sebab penukaran uang memang dilayani hanya pada Kamis.

Sementara itu, Samin mengaku agak kecewa karena uang tabungan 50 juta itu tidak bisa seluruhnya ditukar. Namun dia harus mengikhlaskan uang tersebut.

“Ya agak kecewa karena ternyata yang ini (satu plastik) tidak bisa ditukar. Tapi ini memang sudah risiko saya. Kedepan saya akan langsung tabung di bank,” ujar Samin kepada wartawan.

Lihat juga: 12 Tanya Jawab Seputar Investasi di Indonesia

Tabungan 50 Juta

Lalu bagaimanakah cara menyimpan uang di rumah yang aman agar tidak dimakan rayap?

Dikutip dari Bank Indonesia, berikut ini tips mudah simpan uang di rumah agar aman.

1. Jangan Taruh di Satu Tempat

Jangan menyimpan uang pada satu tempat yang sama. Anda bisa menaruhnya di beberapa tempat yang berbeda. Hal ini lebih aman dilakukan, jika hal yang buruk terjadi, uang yang disimpan di tempat lain masih aman.

2. Simpan di Brankas

Sebaiknya simpan uang di dalam brankas, besi brankas lebih aman dan dijamin rayap tidak akan mendekat.

3. Gunakan Plastik Khusus

Uang kertas memang rentan dimakan rayap, terlebih jika diletakkan di tempat yang lembab tentu akan merusak kertas. Oleh karena itu lapisi uang kertas dengan plastik khusus uang, agar uang tetap awet dan bisa digunakan di kemudian hari.

Jika menggunakan plastik biasa, resiko uang akan lengket dengan plastik masih bisa terjadi sehingga akan merusak uang dan tidak bisa digunakan lagi.

4. Simpan Uang di Bank

Ini merupakan cara terbaik jika ingin uang tetap aman. Karena Bank memberikan jaminan kepada nasabah dan minim resiko, seperti pencurian atau kerusakan karena bencana alam.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top