News

Wajib Bangga! Rawon Jadi Sup Terenak Di Asia

Wajib Bangga Rawon Jadi Sup Terenak Di Asia

Masyarakat Indonesia layak berbangga, karena makanan khas Jawa Timur, Rawon dinobatkan sebagai sup terenak di Asia tahun 2020 versi TasteAtlas. Survei tersebut berdasarkan peniliaian 63.402 panelis serta kritikus restoran profesional.

Salah satu kuliner khas Nusantara kembali menyita perhatian karena kelezatan rasanya. Hal tersebut dikarenakan makahan khas Indonesia diolah dengan aneka bumbu dan rempah-rempah.

Sebelumnya, rendang juga menjadi makanan terenak di dunia versi CNN. Sedangkan tahun ini giliran rawon yang berhasil mendapat pengakuan sebagai sup terenak di Asia tahun 2020. Survei ini dilakukan oleh TasteAtlas, seperti dikutip dari akun Instagram @seasia.co (18/2).

Lihat Juga: 10 Kuliner Nusantara Terlezat, Ayam Betutu Masuk Di Daftar

TasteAtlas sendiri adalah situs yang membahas tentang kuliner dari seluruh dunia. Setidaknya sekitar 20.000 minuman, hidangan, maupun bahan makanan dari seluruh dunia yang ditampilkan oleh TasteAtlas. Ada pula sekitar 15.000 tempat makan dikumpulkan oleh tim yang beranggotakan 30 penulis dan peneliti.

TasteAtlas membuat survei untuk memilih dua belas sup terenak di Asia, kemudian keluarlah rawon yang menempati posisi pertama sebagai sup terlezat di Asia. Rawon merupakan sup daging dengan kuah yang berwarna hitam.

Kuah hitam tersebut didapat dari campuran sejumlah bumbu masakan dan rempah bernama kluwek. Salain potongan daging, sajian ini juga dihidangkan bersama kecambah, jeruk nipis, dan kerupuk udang serta telur asin sebagai pelengkapnya.

Posisi rawon telah mengalahkan Bulalo yang berada di posisi kedua dan berupa sup daging dari Filipina. Rawon juga mengalahkan hidangan Malaysia yaitu Penang Laksa dan Asam Laksa yang menempati urutan ke-4 dan ke-5.

Lihat Juga: Lezatnya Kuliner Khas Jogja yang Tidak Bikin Kantongmu Bolong

Sedangkan ranking ke-3 juga ditempat oleh kuliner khas Indonesia, yaitu Gulai Cincang yang berasal dari Sumatera Barat. Menariknya, bukan hanya makanan Indonesia rawon dan gulai cincang saja yang masuk dalam daftar sup terenak di Asia itu. Karena di posisi ke-12 ada sayur asem khas Indonesia yang mendudukinya.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top