News

Warga Negara India Eksodus Ke RI, Begini Kata Imigrasi

Warga Negara India Eksodus Ke RI, Begini Kata Imigrasi

Romi Yudianto, Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandara Soetta memastikan warga negara India yang datang ke Indonesia telah melalui pengawasan dan memenuhi prosedur keimigrasian. Romi menuturkan, WN India yang datang ke RI tersebut berjumlah 117 orang.

117 orang tersebut tiba di Indonesia pada Rabu (21/4/2021) malam dengan pesawat AirAsia QZ988. Pesawat tersebut mengangkut 127 penumpang yang terdiri dari 10 orang warga negara Indonesia dan 117 orang WN India.

“Setelah mendarat, mereka diperiksa dahulu oleh medis dari kantor kesehatan pelabuhan. Setelah mereka memenuhi syarat masuk ke RI, sehat, baru ke Imigrasi untuk melakukan dokumen keimigrasian. Sesudah diperiksa, dan memenuhi syarat mereka keluar dari Imigrasi,” terang Romi seperti dikutip dari detikcom, Jumat (23/4/2021).

Lihat Juga: Tak Sadar Jika Terinfeksi Corona, Inilah Gejala Covid-19 yang Baru

Selain itu, Romi juga menegaskan seluruh warga negara India tersebut juga menjalani karantina selama lima hari oleh Satgas Penanganan Covid-19 di Bandara. Tetapi, ia tidak mengetahui di lokasi mana mereka dikarantina.

“Dan itu di sana terdapat tim Gugus Tugas COVID-19, diarahkan untuk karantina lima hari di hotel,” tuturnya.

Warga Negara India Yang Masuk Ke RI Telah Memenuhi Persyaratan

Menurut penjelasan Romi, 117 WN India tersebut dari beragam status. Bahkan sebagian ada yang telah mengantongi izin tinggal tetap di Tanah Air. Ia juga mengatakan mereka membawa Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) serta Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP).

“Jadi beragam ada yang telah permanen resident di sini, pekerja, ada pula dosen uji di sini. Ada (KITAS/KITAP) telah memenuhi syarat untuk dokumen keimigrasian,” terangnya.

Romi dengan tegas mengatakan pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap seluruh dokumen keimigrasian mereka. Ia memastikan, jika warga negara India tersebut tak memenuhi persyaratan dokumen keimigrasian, pihakya pasti akan memulangkan mereka.

Lihat Juga: Tesla Inc., Bangun Pabrik Di India, Bagaimana Dengan RI?

“Imigrasi hanya memeriksa dokumen keimigrasian, jika kesehatan, jadi kalau kesehatan ada tim pelabuhan. Tentunya jika mereka tak memenuhi syarat pasti bakal direkomendasikan ke imigrasi untuk dipulangkan,” tegas Romi.

Diketahui, datangnya WNA India ke Indonesia disampaikan oleh Kasubdit Karantina Kesehatan Ditjen P2P Kemenkes dr Benget saat rapat bersama Satgas COVID-19 Riau. Rapat yang dipimpin langsung oleh Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo dan Gubernur Riau Syamsur ini diadakan di Balai Serindit.

“Pertama, soal ada datang WNI dan WNA, kemarin sudah banyak WN India datang ke Indonesia, banyak sekali,” ucap Benget di Pekanbaru, Rabu (22/4/2021).

Dalam catatannya, warga negara India datang ke RI melewati jalur udara. Mereka mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan menjalani karantina oleh Kementerian Kesehatan RI.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top