News

Wasiat Pangeran Philip: Ingin Meninggal Di Kediamannya

Wasiat Pangeran Philip: Ingin Meninggal Di Kediamannya

Pangeran Philip dilaporkan ingin tutup usia dengan tenang di kediamannya sendiri, demikian menurut keterangan dari sumber Kerajaan Inggris. Sebelumnya, Istana Buckingham telah mengumumkan Duke of Edinburgh wafat pada hari Jumat (9/4/2021) dalam usia 99 tahun di Kastil Windsor. Ia menghembuskan napas terakhir di rumahnya sendiri setelah satu bulan terakhir mengalami masalah jantung.

Sumber kerajaan mengungkapkan, Pangeran Philip menghendaki jika ia meninggal dunia, ingin di rumahnya sendiri.

“Kami tahu saat beliau dibawa pulang, itu merupakan meninggal dengan caranya, bukan di ranjang rumah sakit,” tuturnya.

Sumber tersebut menerangkan, pangeran yang lahir di Yunani itu sampai akhir hidupnya ingin sesuai keinginannya. Pada Februari lalu, suami Ratu Elizabeth II tersebut dilarikan ke rumah sakit dan menjalani operasi pada jantungnya.

Kemudian pada 16 Maret, ia tertangkap kamera saat pulang ke istana yang juga menjadi kali terakhirnya terlihat di hadapan publik. Melansir New York Post, Ratu selalu mengatakan Kasti Windsor adalah rumah sedangkan Istana Buckingham kantornya.

Di tahun-tahun terakhirnya, Duke of Edinburgh lebih banyak menghabiskan waktunya di Istana Sandringham dan Wood Farm di Wolferton. Bahkan, saat musim panas tahun lalu, Ratu dan Pangeran Philip cuti selama dua minggu di Wood Farm setelah kunjungannya ke Kastil Balmoral di Skotlandia. Di tempat itulah, pangeran berdarah bangsawan Yunani dan Denmark tersebut tinggal selama hampir 3 tahun terakhir.

Wood Farm terletak di kawasan terpencil di Sandringham, selama 50 tahun terakhir tempat tersebut menjadi lokasi untuk menghabiskan masa tenang bagi keluarga kerajaan. Ketika berada di sana, para pelayan di sebut tidak memakai seragam, dan Pangeran Philip menjadi dirinya sendiri. Berdasarkan laporan Daily Telegraph, di tempat itu pula Ratu Elizabeth II bisa memasak dan menyiapkan makan malam.

Pangeran Philip Dimakamkan Tanpa Upacara Militer

Karena pandemi virus corona, prosesi pemakaman akan dilakukan lebih sederhana dibanding anggota kerjaan lainnya. Assciated Press melaporkan, prosesi pemakaman suami ratu Elizabeth II ini diberi nama sandi Operation Forth Bridge.

“Selama pandemi Covid-19, dan berdasarkan anjuran pemerintah sekarang ini serta pedoman social distancing. Pengaturan pemakaman serta upacara yang dimodifikasi untuk Yang Mulia Duke of Edinburgh tengah dipertimbangkan Yang Mulia Ratu,” terang Istana Buckingham.

“Detailnya akan dikonfirmasi saat waktunya,” sambung pernyataan tersebut.

Kini, gedung-gedung pemerintah dan tempat tinggal kerajaan memasang benderang setengah tiang. Bukan itu saja, jaringan TV Inggris juga membatalkan program-program acaranya untuk menayangkan liputan khusus terkait meninggalnya Pangeran Philip.

Sebanyak 42 tembakan penghormatan dan menandai kematiannya, selain itu juga ada Gibraltar dan kapal Angkatan Laut Kerajaan di perairan. Namun, pemerintah dan pihak istana mengeluarkan imbauan agar masyarakat tidak meletakkan bunga di luar tempat tinggal kerajaan.

Lihat Juga: 25 Gaun Putri Diana Dipajang di Pameran Bertajuk “Diana: Her Fashion Story”

Sebagai gantinya, masyarakat bisa menandatangani buku belasungkawa online demi mencegah kerumunan dan antrean.

Badan pengawas seremonial, College of Arms pada Jumat (9/4/2021) mengatakan, jenazah Pangeran Philip akan dibaringkan di Kastil Windsor yang terletak 40 km barat London. Di tempat itulah ia menghabiskan beberapa minggu terakhirnya bersama Ratu Elizabeth II yang telah ia nikahi selama 73 tahun.

Pemakaman akan diadakan di Kapel St George Kastil Windsor yang telah menjadi tempat pemakaman dan pernikahan keluarga kerajaan sejak berabad-abad lalu.

“Ini sesuai dengan kebiasaan juga keinginan Yang Mulia,” ungkap College of Arms.

Istana Buckingham bakal mengumumkan kapan pemakaman Pangeran Philip dilakukan sekaligus berapa banyak orang yang hadir. Inggris sendiri membatasi pemakaman maksimal 30 orang yang hadir, jadi kemungkinan hanya keluarga terdekat saja yang akan datang.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top