News

WN Rusia Andrei Kovalenka, Buronan Interpol Kabur Dari Kantor Imigrasi Ngurah Rai

WN Rusia Andrei Kovalenka, Buronan Interpol Kabur Dari Kantor Imigrasi Ngurah Rai

WN Rusia bernama Andrew Ayer alias Andrei Kovalenka yang menjadi buronan Interpol kabur saat dilakukan proses administrasi. Menanggapi hal tersebut, Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Ngurah Rai, Bali membentuk tim khusus yang akan mengejar buronan tersebut beserta rekannya ke sejumlah tempat.

“Upaya yang kami lakukan saat mengetahui yang bersangkutan kabur. Kami lalu membentuk tim untuk mengejar ke seluruh titik tempat,” terang Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Ngurah Rai, Parlindungan melalui video konferensi pers pada Sabtu (13/2/2021).

Ia mengatakan sejumlah titik yang dijadikan area pengejaran yaitu terminal keberangkatan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Selain itu juga di pelabuhan penyeberangan di Padangbai maupun Gilimanuk. Pihaknya juga berkoordinasi dengan Direskrimum Polda Bali, Polresta Denpasar, dan seluru Polsek serta kantor kesyahbandaran, termasuk PT Angkasa Pura.

“Lalu kami mengerahkan tim dengan memberitahukan ke petugas bidang lain sejumlah sekitar 68 orang untuk menyisir seluruh titik,” terangnya.

Parlindungan mengatakan WN Rusia Buronan Interpol Andrei Kovalenka itu kabur sekitar jam 13.20 Wita, Sabtu (13/2/2021). Saat itu, ia hendak menjalani proses administrasi foto dan perekaman sidik jari. Sebelum dipindahkan ke Rumah Detensi Imigran (Rudenim) Denpasar dari Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Ngurah Rai.

Ketika itu, ia dikunjungi oleh seorang perempuan yang diakuinya sebagai istri bernama Ekaterina Trubkina yang berasal dari Rusia.

“Pada saat proses administrasi, istrinya mengaku akan membeli makanan lalu akan mengantarkannya ke luar kantor. Nah, kesempatan itulah dimanfaatkan oleh WNA bernama Andrei Kovalenka itu menyelinap lalu melarikan diri ke luar kantor. Kemudian hingga hari ini belum ditemukan,” terangnya.

Agar kejadian tersebut tidak terulang, Parlindungan mengaku akan mengetatkan standart operational procedure (SOP) saat melakukan proses administrasi dan bakal dilakukan pemborgolan. Selain itu, pengawasan akan diperketat saat proses pemeriksaan dan administrasi, baik ketika pengambilan foto maupun perekaman sidik jari.

Lihat Juga: Viral, Ajakan WNA Pindah Ke Bali Di Masa Pandemi

Bagi masyarakat yang melihat Andrei Kovalenka. Dengan ciri-ciri tinggi badan sekitar 195 cm dan berkulit putih serta rambut berwarna pirang dan pada bagian dagu terdapat sedikit rambut untuk segera melapor ke nomor 082165055256.

To Top