News

Buntut Bagi-bagi Minyak Goreng, Zulhas Dikritik Sana-sini

Buntut Bagi-bagi Minyak Goreng, Zulhas Dikritik Sana-sini

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas dikritik sana-sini setelah beredar videonya bagi-bagi minyak goreng gratis dan meminta warga memilih anaknya, Futri Zulya Savitri. Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade mengingatkan Zulhas agat menghindari kontroversi.

“Jabatan itu melekat pada beliau. Jadi kami sayangkan, kami minta beliau ke depan untuk berhati-hati lagi memberikan pernyataan dan sebagai mitra kami minta beliau fokus saja bekerja,” kata Andre, Rabu (13/7/2022).

“Tugas dari Presiden kan jelas, terang dan benderang. Tinggal dilaksanakan saja, fokus bekerja saja. Jadi kita minta pak Mendag fokus bekerja dan hindari kontroversi,” imbuh dia.

Andre lantas menyoroti teguran Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Zulhas agar fokus mengatasi permasalahan minyak goreng dengan harga murah, yakni harga minyak goreng Rp 14 ribu, itu betul-betul bisa dinikmati dan hadir di tengah masyarakat. Sehingga, isu minyak goreng ini sensitif,”

“Tiba-tiba bang Zul, meskipun sekali lagi dalam acara internal PAN, mengeluarkan pernyataan, yang memilih anaknya, digratiskan, tentu ini menimbulkan kontroversi. Karena, sekali lagi jabatan Menteri Perdagangan itu melekat,” sambungnya.

Andre menilai Zulhas sudah dua kali ini melontarkan pernyataan kontroversi. Dia menyinggung pernyataan kontroversinya pertama, yang mana Zulhas mengaku kaget mengetahui harga-harga di pasar saat sidak usai dilantik Presiden Jokowi.

“Sudah satu bulan beliau (Zulhas) jadi menteri, yang kita dengan bukan prestasi, tapo kotroversi dari pernyataan-pernyataan yang mulai dari pernyataan kaget sampai sekarang pernyataan dapat minyak goreng gratis tapi harus pilih anaknya. Jadi ini kan sensitif,” papar Andre.

“Seharusnya beliau sebagai Menteri Perdagangan yang baru fokus aja bekerja, gitu lho. Jangan sampai nanti Presiden Jokowi dianggap gagal me-reshuffle atau salah pilih gitu lho. Menteri Perdagangan baru itu jangan jadi beban Presiden,” imbuh politikus Partai Gerindra itu.

PDIP: Zulhas Melakukan Hal Memalukan

Kritik kepada Zulhas yang bagi-bagi minyak goreng gratis dan meminta anaknya dipilih juga datang dari anggota DPR RI Fraksi PDIP TB Hasanuddin. Hasanuddin menyayangkan sikap Zulhas yang (menurutnya) memanfaatkan situasi untuk berkampanye.

“Persoalan minyak goreng saat ini kan masih menjadi sorotan lantaran harganya masih tergolong mahal. Mestinya Mendag berfokus mengatasi masalah minyak goreng dalam waktu sesingkat-singkatnya. Bukan malah memanfaatkan situasi untuk berkampanye,” tutur Hasanuddin.

Menurut Hanasuddin, Zulhas melakukan hal yang memalukan sebagai Menteri Perdagangan. Dia mengingatkan pejabat publik tidak boleh bertindak seenaknya.

“Sekarang kan beliau menjadi pejabat publik, tak bisa seenaknya. Saya kira tidak etislah sebagai pejabat kementerian yang baru menjabat beberapa bulan sudah melakukan hal yang menurut saya memalukan,” tegasnya.

PAN Jelaskan Soal Bagi-bagi Minyak Goreng

Politikus PAN Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio menjelaskan soal kehebohan bagi-bagi minyak goreng dan mengampanyekan Futri Zulya Savitri. Eko Patrio menuturkan apa yang dilakukan Zulkifli Hasan alias Zulhas berada di Lampung, dan merupakan agenda rutin kepartaian.

“PANsar Murah ini sudah rutin diselenggarakan oleh PAN sebagai bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat kecil. Bulan April tahun ini bisa dicek, kami menyelenggarakan PANsar Murah di 6 wilayah di DKI Jakarta. Sembako yang harganya mencapai Rp 150 ribu dijual hanya dengan Rp 30 ribu,” jelas Eko Patrio, Rabu (13/7/2022).

Eko Patrio lantas menjelaskan minyak goreng yang dibagikan ke warga dalam PANsar Murah dibeli oleh Futri. Jadi, lanjut dia, minyak goreng tersebut tidak dibagikan gratis begitu saja.

“Minyakita tidak dibagikan gratis begitu saja. Tetapi, Futri membeli kepada distributor dan membagikannya kepada ibu-ibu di Lampung yang merupakan daerah pemilihannya,” sambungnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top