News

Zulhas Dilaporkan ke Bawaslu Buntut Bagi Minyakita Sambil Kampanyekan Anak

Zulhas Dilaporkan ke Bawaslu

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Ia dilaporkan ke Bawaslu oleh beberapa lembaga swadaya masyarakat (LSM) pemantau pemilu. Zulhas dilaporkan ke Bawaslu setelah mempromosikan putrinya, Futri Zulya Savitri ketika membagikan minyak goreng subsidi dari pemerintah ‘Minyakita’.

Pelapor ini yaitu Direktur Eksekutif Lingkar Madani Ray Rangkuti, Direktur Kata Rakyat Alwan Ola Riantoby dan Sekjen Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Kaka Suminta.

“(Bawaslu harus) segera memeriksa aktivitas bapak Zulkifli Hasan di Lampung, 9 Juli lalu, terkait dengan dugaan adanya pelanggaran kampanye di luar jadwal,” ujar Alwan dalam konferensi pers di Kantor Bawaslu, Selasa (19/7/2022).

Zulhas dilaporkan ke Bawaslu dengan tudingan melanggar pasal 276 Ayat 2 dan pasal 492 UU No 7 Tahun 2017. Selain itu, ia juga diduga melanggar pasal 280 Ayat 1, dan Pasal 281 ayat 1, kapanye dengan fasilitas negara dan memanfaatkan fasilitas jabatannya.

Lihat Juga: Jokowi Tegur Zulhas Soal Bagi-bagi Minyakita, PAN Beri Pembelaan

Zulhas Dilaporkan ke Bawaslu Setelah Bagi Minyakita

Sebelumnya, Zulhas membagikan Minyakita pada ibu-ibu di Lampung, Sabtu (9/7/2022) lalu. Sebetulnya, Minyakita adalah program dari pemerintah supaya masyarakat dapat membeli minyak goreng dengan harga yang terjangkau.

Saat itu, Ketua Umum PAN ini membagikan Minyakita secara gratis. Ia tidak memungut biaya Rp14.000 yang sudah ditetapkan. Tetapi, Ketika membagikannya secara gratis itu, Zulhas juga mengkampanyekan anaknya, yaitu Futri Zulya Savitri yang akan maju di Pemilu 2024.

Video saat Zulhas mengkampanyekan anaknya itu pun beredar di media sosial dan menuai sorotan. Sejumlah pihak dari partai politik pun melayangkan kritikan terhadap Zulhas.

Lihat Juga: Jokowi Tegur Zulkifli Hasan: Saya Minta Fokus Kerja

Bahkan, Presiden Joko Widodo juga ikut menegur Zulhas. Ia meminta agar Menteri-nya itu fokus bekerja, terutama untuk menstabilkan harga minyak goreng curah.

“Saya minta semua menteri fokus bekerja, kalau Menteri Perdagangan yang paling penting urus seperti yang saya tugaskan kemarin,” ucap Jokowi, Selasa (12/7/2022).

Sebelum Zulhas dilaporkan ke Bawaslu, ia sudah lebih dulu menjelaskan bahwa kedatangan dirinya di Lampung tersebut bukan sebagai Menteri Perdagangan tetapi Ketua Umum PAN karena akhir pekan. Menurut dia, PAN memang kerap mengadakan pasar murah yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top