Sports

5 Fakta Jakarta International Stadium yang Diresmikan 24 Juli 2022

5 Fakta Jakarta International Stadium

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar soft launching Jakarta International Stadium (JIS) pada Selasa (19/4/2022), yang digadang-gadang sebagai yang terbesar di Asia Pasifik.

Berdiri di atas lahan seluas 26 hektar, JIS mampu menampung 82.000 penonton dengan standar stadion sepak bola Internasional FIFA. Soft launching JIS diawali dengan laga final International Youth Championship (IYC) 2021, antara Barcelona U-18 vs Atletico Madrid U-18. Nah, berikut lima fakta tentang Jakarta International Stadium

Fakta-fakta Jakarta International Stadium

1. Berbagai Fasilitas Canggih

JIS memiliki fasilitas retractable roof alias atam dengan sistem yang bisa terbuka atau tertutup sesuai kebutuhan stadion menjadi outdoor atau indoor. JIS juga dibekali dengan teknologi skydeck hingga 70 meter yang menawarkan pemandangan langit dari dalam stadion.

Selain itu, sistem suaranya menggunakan teknologi pro sound canggih yang sangat mendukung acara konser karena suara yang masuk dapat didengar oleh seluruh isi stadion.

Lihat Juga: Saling Respons Wagub DKI dan Novel Soal JIS untuk Reuni 212

2. Fasilitas Bagi Penyandang Disabilitas

Jakarta International Stadium juga mempunyai fasilitas khusus penyandang disabilitas. Salah satunya yaitu adanya jembatan di pintu utama zona barat untuk kelompok disabilitas.

Selain itu, terdapat 200 tempat duduk ramah disabilitas di tribun dan toilet khusus agar mereka nyaman saat menonton di stadion.

3. Akses Transportasi Umum

Bagi yang ingin berkunjung ke JIS dengan transportasi umum, tidak perlu khawatir sebab JIS punya akses transportasi publik yang mudah.

Kabarnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah menyiapkan layanan bus Trans Jakarta rute Senen-Jakarta International Stadium yang bakal melewati jalur rel kereta api, Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rail Transit (LRT).

4. Usung Konsep Ramah Lingkungan

JIS mengusung konsep sustainability alias berkelanjutan. Bangunan stadion ini menggunakan energi panel surya sebagai sumber listriknya.

Konsep ini pun telah mendapat pengakuan dan sertifikat dari Green Building Council Indonesia (GBCI). Pada taman dan ruangan di JIS pun menggunakan lampu LED yang lebih hemat daya dan terdapat teknologi dengan lubang-lubang kecil di stadion yang berfungsi sebagai sirkulasi udara agar mengurangi penggunaan AC.

5. Stadion Beratap Penuh Terbesar di Asia Pasifik

Menurut akun Instagram Wakil Gubernur DKI Jakarta, @arizapatria, Minggu (24/7/2022), dari jumlah kapasitas penonton, JIS menjadi yang terbesar di Asia Pasifik yang mampu menampung hingga 82.000 orang.

Disusul National Stadium Singapura dan Tokyo Dome Jepang yang berkapasitas 55.000 orang, Marvel Stadium Australia dengan kapasitas 53.359 orang serta Toyota Stadium Jepang berkapasitas 45.000 orang.

Itulah lima fakta menarik tentang Jakarta International Stadium yang diresmikan oleh Anies Baswedan hari ini, Minggu (24/7/2022).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top