Sports

5 Fakta Shayne Pattynama, Pemain Keturunan yang Segera Dinaturalisasi untuk Skuad Garuda

5 Fakta Shayne Pattynama

Shayne Pattynama menjadi nama baru yang akan dinaturalisasi PSSI. Ia kini bermain bersama klub Viking FK di Eliteserien alias kasta tertinggi Liga Norwegia.

Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini adalah pesepakbola kelahiran Belanda keturunan Indonesia. Dari namanya, Pattynama merupakan marga dari Maluku. Pattynama memiliki darah Indonesia dari sang ayah yang merupakan kelahiran Semarang, Jawa Tengah.

“Shayne Pattynama pemain asal Belanda, sekarang bermain di klub Viking FK (Liga 1 Norwegia). Ayahnya lahir di Semarang,” terang Anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani, lewat akun instagram miliknya @hasaniabdulgani, Selasa (22/2/2022).

“Pattynama sudah mengirim surat pernyataan bersedia bermain untuk Timnas serta dokumen pendukung lainnya. Welcome to the board,” sambungnya.

Lalu apa saja fakta menarik tentang dirinya, berikut LoperOnline rangkumkan dari berbagai sumber.

Lihat Juga: Diam-diam, Proses Naturalisasi Sandy Walsh Dan Jordi Amat Sedang Diurus PSSI

Shayne Pattynama Sempat Menimba Ilmu di Akademi Ajax

Saat ini ia berusia 23 tahun. Pattynama mengawali karirnya di Akademi SV Lelystad ’67 pada tahun 2004-2007. Dia juga sempat menempuh pendidikan sepak bola di Akademi Ajax (2007-2010). Kemudian, dia dilepas ke Utrecht dan bertahan di klub tersebut hingga 2017.

Dia pertama kali merasakan kompetisi profesional ketika mendapat promosi ke Jong Utrecht pada musim panas 2017. Di klub tersebut, Shayne Pattynama bermain hingga tahun 2019.

Persiapan Musim 2022

Kini ia dalam masa pramusim kompetisi Liga Norwegia. Liga ini baru akan dimulai pada 2 April 2022. Musim lalu, calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia ini mencatatkan 24 laga bersama Viking FK. Ia mendapat waktu bermain 888 menit, dalam jumlah pertandingan tersebut, tujuh di antaranya merupakan starter.

Sebagai bek, ia juga cukup produktif. Pada musim kemarin, dirinya mencetak dua gol dan lima assist untuk Viking FK.

Harga di Transfermarkt

Dari laman Transfermarkt, diketahui harga pasaran Shayne Pattynama saat ini adalah Rp5,2 miliar. Pada Maret 2021 lalu, Viking FK mendapatkannya dari SC Telstar dengan status bebas transfer sebab kontraknya telah berakhir.

Pattynama sendiri masih terikat kontrak bersama Viking FK hingga 31 Desember 2023. Jadi jika ada tim yang tertarik untuk merekrutnya sebelum kontrak tersebut habis, maka harus menebusnya dari Viking FK.

Lihat Juga: Shin Tae Yong Berhentikan Dua Asisten Pelatih Timnas Indonesia Per Januari 2022

Dalam Naungan Agensi yang Sama dengan Irfan Bachdim

Berdasarkan daftar agensi yang terdapat di laman Transfermarkt, diketahui Pattynama bernaung di bawah Prime11. Agensi yang berpusat di Rotterdam, Belanda tersebut memiliki banyak klien.

Dalam keagenan tersebut juga ada nama Mees Hilgers, pemain keturunan yang batal dinaturalisasi. Selain itu, ada pula Irfan bachdim yang terakhir kali memperkuat Persis Solo di Liga 2 2021.

Memiliki Naluri Bertahan

Seperti dalam uraian di atas, Shayne Pattynama biasa bermain dengan posisi bek kiri. Artinya, dia lebih banyak menjaga pertahanan ketimbang membantu serangan.

Selain sebagai bek kiri, ia juga bisa dimainkan sebagai gelandang bertahan. Dengan naluri bertahan yang besar dan berpostur 180 sentimeter, dia bisa jadi tembok kokoh untuk lini belakang Timnas Indonesia.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top