Sports

5 Liga Eropa yang Paling Jorjoran dalam Pembelian Pemain

Portal Berita

Liga Primer Inggris tak pernah mau kehilangan kesempatan untuk menjadi liga terboros di Eropa. Dalam beberapa tahun belakang ini, liga yang kata Pangeran Siahaan ditemukan oleh Sky Sports tersebut, selalu menjadi liga nomor satu dalam masalah transfer pemain.

Dilansir transfermarkt, pada bursa transfer musim panas ini, tim-tim di Liga Primer Inggris menghabiskan dana total 820,82 juta poundsterling, atau dalam rupiah bernilai 17 triliun lebih. Namun, pengeluaran tersebut tak diimbangi dengan pemasukan. Terbukti dengan jumlah yang hanya sebesar 414,26 juta poundsterling, atau Rp 8,96 triliun, dari penjualan pemain.

Dari lima liga Eropa yang masuk lima besar dalam pengeluaran dana transfer pemain, hanya Bundesliga, Jerman, dan Ligue 1, Perancis, yang berhasil mencatat keuntungan. Bundesliga, yang duduk di posisi empat, membelanjakan dana sebesar 287,3 juta poundsterling, atau Rp 6,2 triliun, dan berhasil mendapatkan pemasukan 333,24 juta poundsterling, atau Rp 7,2 triliun, dari penjualan pemain. Bundesliga pun mencatatkan untung 65,62 juta poundsterling atau Rp 1,4 triliun. Sedangkan Ligue 1, mengeluarkan uang  215,99 juta poundsterling dan menerima 282,41 juta poundsterling dari penjualan pemain.

Keglamoran Liga Primer Inggris memang tak perlu dipungkiri lagi. Penyebabnya, tak lain adalah pendapatan hak siar. Semakin banyak pemain bintang di satu liga, semakin banyak mata yang tertuju. Menurut Alex Thorpe, dari Sports Business Group Deloitte, meningkatnya pendapatan siaran domestik dan luar negeri menjadi pendorong utama di balik meningkatnya pengeluaran klub untuk membeli pemain.

Di Liga Primer Inggris, Manchester City menjadi klub yang paling jorjoran belanja. Biaya sekitar 160 juta pounds mereka keluarkan demi bakat-bakat baru, salah satunya bahkan berhasil memecahkan rekor transfer di Inggris.

Untuk mengetahui lebih lanjut lima liga paling besar pengeluarannya pada jendela transfer musim panas ini, berikut kami sajikan daftarnya:

 

1. Liga Inggris

Pembelanjaan uang: 820,82 juta poundsterling
Penerimaan uang: 414,26 juta poundsterling

2. Liga Italia

Pembelanjaan uang: 403,52 juta poundsterling
Penerimaan uang: 353,28 juta poundsterling

3. Liga Spanyol

Pembelanjaan uang: 401,07 juta poundsterling
Penerimaan uang: 270,94 juta poundsterling

4. Liga Jerman

Pembelanjaan uang: 287,30 juta poundsterling
Penerimaan uang: 333,24 juta poundsterling

5. Liga Perancis

Pembelanjaan uang:  215,99 juta poundsterling
Penerimaan uang: 282,41 juta poundsterling

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top