Sports

7 Fakta Toprak Razgatlioglu, Pemenang WSBK 2021 Mandalika

7 Fakta Toprak Razgatlioglu, Pemenang WSBK 2021 Mandalika

Toprak Razgatlioglu yang menjuarai WSBK 2021 Mandalika mempunyai catatan menarik. Tanpa perlu berlomba jadi juara dalam dua balapan di WSBK 2021, Toprak telah mengunci trofi juara dunia. Pembalap asal Turki tersebut sudah cukup memastikan gelarnya setelah menempati runner-up di race 1.  Ia berhasil merebut gelar yang dipegang Jonathan Rea sejak 2015 hingga 2020.

Razgatlioglu mengumpulkan total 564 poin usai finis di urutan kedua dan keempat pada dua race di WSBK 2021. Pembalap 25 tahun itu baru berlaga di WSBK sejak empat tahun lalu. Usai berada di ranking Sembilan pada 2018, Razgatlioglu lalu naik ke posisi lima dan empat pada klasemen akhir musim 2019 dan 2020.

Kini dirinya menorehkan tinta emas dalam karir balap yang ia rintis sejak berusia delapan tahun.  Berikut 7 fakta Toprak Razgatlioglu yang memenangkan WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika.

Lihat Juga: Pujian untuk Sirkuit Mandalika dari Pembalap hingga Tim WSBK: Nama Jokowi Ikut Disebut

  1. Toprak adalah murid Kenan Sofuglu yang merupakan manajernya saat ini. Sofuglu pernah menjuarai Wordl Supersport lima kali. Nomor 54 yang kini dipakai Toprak juga merupakan nomor yang dulu digunakan oleh Sofuglu.
  2. Toprak merupakan juara WSBK pertama asal Turki, Sofuglu yang menjadi guru Toprak juga pernah tampil di WSBK namun tidak sesukses anak didiknya.
  3. Sofuglu menyarankan Toprak Razgatlioglu untuk berlaga di FIM Europe Siperstock 1000 dengan target menjadikannya menjuarai WSBK. Walau hanya berada di urutan kelima di FIM Superstock 1000 pada 2016, Toprak sukses membawa pulang piala WSBK lima tahun kemudian.
  4. Di helm yang didunakan Toprak tertulis inisial TTA yang merupakan kepanjangan dari nama saudaranya Tumay, namanya dan nama mendiang ayahnya Arif. TTA juga kepanjangan dari Tek Taker Arif yang artinya Arif si trik while, julukan mendiang sang ayah yang merupakan pegiat acrobat motor.
  5. Bukan hanya mewarisi darah akrobat dari ayahnya, Toprak juga belajar trik-trik khusus. Salah satu yang sering ditunjukkannya yaitu stoppie, yakni saat memberhentikan motor dengan ban belakang yang terangkat.
  6. Toprak Razgatlioglu dijuluki El Turco, nama tersebut diberikan penggemarnya saat dia balapan di San Juan, Argentina.
  7. Toprak mempunyai hobi olahraga ekstrim seperti snowboarding, filteboarding dan jet ski. Bukan hanya itu, dirinya juga kerap memamerkan kemampuannya dalam handstand dan berjalan dengan tangan.
  8. Toprak lahir di tanggal yang sama dengan rekan setimnya yang bergabung dengan Pata Yamaha with Brixx WorldSBK, Andrea Locatelli. Mereka sama-sama lahir tanggal 16 Oktober 1996.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top