Sports

Anggota DPR Tolak Naturalisasi Jordi Amat, Begini Kronologinya

Naturalisasi Jordi Amat

Anggota DPR RI menolak proses naturalisasi Jordi Amat menjadi warga negara Indonesia (WNI). Berikut ini kronologinya.

Sejak pertengahan tahun lalu, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong mengungkapkan keinginannya untuk menaturalisasi beberapa pemain. Termasuk Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Pada 15 Mei 2022 lalu, Jordi juga sudah ke Indonesia untuk menyelesaikan syarat administrasinya menjadi WNI. Saat proses naturalisasi tersebut masih berlangsung, Jordi menandatangani kontrak dengan klub Malaysia Johor Darul Takzim (JDT) pada 9 Juni 2022.

Keputusannya untuk bergabung dengan JDT itu pun mengundang gelombang protes dari netizen Tanah Air. Dikhawatirkan, kualitas pemain berdarah Spanyol itu menurun jika merumput di ASEAN.

Anggota DPR Tolak Naturalisasi Jordi Amat

Anggota DPR RI Komisi X Syaiful Huda membuat pernyataan pribadi lewat akun Instagram miliknya bahwa dirinya menolak naturalisasi Jordi Amat, Rabu (29/6/2022) malam.

“Saya setuju, naturalisasi Jordi Amat dibatalkan. Kita minta STY (Shin Tae Yong) dan Kemenpora bersikap tegas,” tulis Syaiful dalam foto yang diungahnya di akun Instagram pribadinya.

Lihat Juga: Jordi Amat Masuk Klub Malaysia, Netizen Indonesia Ramai-ramai Protes

Melansir laman CNN Indonesia, Syaiful menjelaskan alasan penolakannya.

“Satu, kalau soal Jordi Amat memang semua pecinta bola kita kelihatannya keberatan karena Jordi bukan untuk jangka panjang,” ujarnya

“Yang kedua, sejak dari awal saya tidak setuju karena naturalisasi itu judulnya obral. Jadi obral naturalisasi. Itu tidak sehat bagi jangka panjang sepak bola kita. Karena itu dinamika dengan Jordi saya kira bisa menjadi evaluasi kepada PSSI dan Kemenpora supaya tidak kejadian lagi,” lanjut dia.

Karena pemikiran terkait jangka Panjang, Syaiful mengisyarakat lampu hijau bagi proses naturalisasi pemain lainnya.

“Kalau ada lagi kita lihat lagi perkembangannya. Pokoknya untuk jangka panjang oke. Selama ada road map yang jelas boleh saja,” tutupnya.

Lihat Juga: 5 Fakta Shayne Pattynama, Pemain Keturunan yang Segera Dinaturalisasi untuk Skuad Garuda

Jika dilihat dari factor usia, Jordi Amat memang lebih tua ketimbang dua calon pemain naturalisasi lain, yaitu Sandy Walsh dan Shayne Pattynama. Jordi saat ini berusia 30 tahun, sedangkan Sandy 27 tahun dan Shayne 23 tahun.

Meski begitu, pernyataan Syaiful soal penolakan naturalisasi Jordi Amat memicu pro dan kontra. Sebagian besar warganet mengkritik alasan Syaiful, tapi tidak sedikit juga yang mendukung keputusannya karena Jordi bergabung dengan JDT.  

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 + seventeen =

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top