Sports

Bertemu Presiden FIFA, Jokowi Ungkap Stadion Kanjuruhan Akan Dirobohkan

Jokowi Ungkap Stadion Kanjuruhan Akan Dirobohkan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap Stadion Kanjuruhan di Kabupaten Malang, Jawa Timur, bakal dirobohkan. Hal ini dilakukan setelah terjadinya Tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober lalu yang menewaskan 133 orang.

Jokowi menyampaikan stadion tersebut akan dibangun ulang. Ia juga sudah menyampaikan wacana tersebut kepada Presiden FIFA Gianni Infantino.

“Tadi saya juga menyampaikan dan FIFA mengapresiasi untuk Stadion Kanjuruhan di Malang juga akan kita runtuhkan dan kita bangun lagi sesuai dengan standar FIFA,” ucap Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (18/10/2022).

Ia mengatakan Stadion Kanjuruhan yang baru akan dibangun sesuai standar FIFA. Keselamatan penonton maupun pemain dalam stadion tersebut juga akan terjamin.

Pada kesempatan ini, Jokowi juga menyampaikan beberapa pembicaraannya dengan Gianni. Dia mengatakan yang menjadi fokus pembicaraan adalah standar keamanan di dalam stadion.

“Dengan manajemen stadion, utamanya yang berkaitan dengan fasilitas2 di stadion, standarnya seperti apa. Yang kedua, juga yang berkaitan dengan manajemen keamanan, manajemen security, juga kita bicarakan secara detail,” tuturnya.

Pernyataan itu dilontarkan Jokowi usai bertemu dengan Gianni Infantino. Pertemuan tersebut berlangsung sekitar dua jam.

“Kami berdiskusi secara detail mengenai persepakbolaan Indonesia ke depan seperti apa,” kata Jokowi.

Selain Pembangunan Stadion Kanjuruhan, Jokowi juga Bahas Manajemen Keamanan

Dalam pertemuannya itu, Jokowi dan Gianni juga membahas terkait manajemen stadion di Tanah Air. Terutama soal fasilitas stadion serta standar pertandingan sepak bola.

“Kedua juga yang berkaitan dengan manajemen keamanan, manajemen security, juga kita bicarakan secara detail. Yang ketiga yang berkaitan juga manajemen pertandingan utamanya, yang terkait dengan pengaturan waktu,” jelas Jokowi

Selain itu, suporter di Indonesia juga ikut dibahas dalam pertemuan itu. Jokowi menyatakan transformasi persepakbolaan RI akan segera dimulai.

Lihat Juga: FIFA dan Pemerintah RI Bentuk Tim Transformasi, Apa Saja Tugasnya?

Sebelumnya, 133 penonton tewas di Stadion Kanjuruhan setelah pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya pada 1 Oktober lalu.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengatakan kerusuhan di Kanjuruhan dipicu oleh tembakan gas air mata. Buntut tragedi tersebut, enam orang telah ditetapkan sebagai tersangka.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top