Sports

Diam-diam, Proses Naturalisasi Sandy Walsh Dan Jordi Amat Sedang Diurus PSSI

Diam-diam, Proses Naturalisasi Sandy Walsh Dang Jordi Amat Sedang Diurus PSSI

PSSI ternyata tengah mengurus proses naturalisasi pemain keturunan Indonesia. Beberapa nama yang disebutkan adalah Sandy Walsh dan Jordi Amat. Hal tersebut diketahui dari dokumen PSSI yang bocor ketika acara pelepasan Timnas Indonesia ke Turki pada, Kamis (11/11/2021). PSSI meletakkan dokumen tersebut di atas meja dan tidak sengaja dilihat oleh awak media.

Ketika dikonfirmasi, PSSI tak dapat mengelak terkait proses naturalisasi pemain-pemain keturunan. Berdasarkan dokumen tersebut, tercantum profil Sandy Walsh dan Jordi Amat. Mochamad Iriawan, Ketua Umum PSSI, sebelumnya memang telah berjanji akan memfasilitasi keinginan pelatih Shin Tae Yong. Pelatih timnas asal korea itu mengaku mengajukan sejumlah nama pemain keturunan Indonesia yang disebutnya sempat tidak dihiraukan federasi.

“Saya sudah katakan bahwa pemilihan pemain itu merupakan hal pelatih untuk mencari. Jadi saya memang memberi kebebasan kepada Shin. Dia mengajukan itu tentu kami akan mendalami dan mengkajinya. Bisa tidak mereka masuk,” ujar Iriawan.

Lihat Juga: Pemain Sepak Bola Elkan Baggott Resmi Punya KTP WNI

“Katanya ada pemain bagus, oke kami hubungi saja dia nanti. Kami cek betul ada keturunannya atau tidak? Ingin bermain di sini atau tidak? Atau pernah main di timnas sana ataukah tidak. Tetapi aturan baru FIFA katanya bisa, nanti kami akomodir,” jelasnya.

Selain Sandy dan Jordi, Iriawan juga mengungkan ada dua nama lain yang tengah dipantau. Hanya saja ia enggan menyebut identitas pemain tersebut. PSSI pun tengah menyiapkan beberapa hal agar pemain-pemain tersebut benar-benar dapat memperkuat Timnas Indonesia. Hal ini dikarenakan terkait naturalisasi harus sesuai aturan negara dan juga FIFA.

“Tadi saya lihat (dokumen) ada 4 pemain (keturunan). Saya belum banyak membaca sebab konsentrasi di sini (pelepasan Timnas Indonesia), tapi bakal kami kaji nanti,” kata Mochamad Iriawan.

“Tadi Pak Ketua Umum ( maksudnya Waketum PSSI Iwan Budianto) meminta agennya di sana untuk ditanyakan. Harus dipastikan,” tutupnya.

Pelatih Shin Tae Yong sendiri membenarkan informasi 4 nama pemain keturunan tersebut. Namun ia menolak pengajuan naturalisasi, sebab pemain-pemain tersebut memiliki darah keturunan Indonesia.

“ini sebetulnya tak dapat dikatakan naturalisasi, sebab mereka memang memiliki darah Indonesia. Saya telah mengajukan ke Ketua Umum, dan dia mengaku akan mengupayakan membantu juga tentunya,” tutur Shin Tae Yong.

“Jika ada 4 pemain itu di Timnas Indonesia, tentu akan bisa menjadi kuat di ASEAN dan sebetulnya ada lagi selain 4 pemain tersebut. Tetapi fokus dulu 4 pemain yang telah saya ajukan tersebut,” sambungnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top