Sports

Sang Legenda Diego Maradona Tutup Usia, Dunia Sepak Bola Berduka

Diego Maradona meninggal dunia

Kabar duka datang dari dunia sepak bola. Kabar ini tentunya mengejutkan publik terutama penggemar sepak bola. Pasalnya ikon legenda sepak bola dunia yang pernah bergabung dengan Argentina, Diego Maradona telah meninggal dunia pada Rabu, 25 November 2020 di usianya yang ke 60 tahun. Awalnya, kabar duka ini diberitakan di media lokal ternama bernama Clarin, namun saat ini berita meninggalnya Maradona ini sudah dikonfirmasi langsung oleh Federasi Sepakbola Argentina (AFA) pada Kamis, (26/11/2020).

Pemain yang mendapatkan julukan The Golden Boy dan pemilik gol “Tangan Tuhan” ini meninggal di kediamannya di kota Tigre, Buenos Aires akibat serangan jantung. Sebelumnya, pada awal bulan November 2020 ini, Maradona ini sempat dibawa ke rumah sakit. Setelah dilakukan pemeriksaan di Klinik Olivos, Ipensa Sanatorium  di La Plata, Argentina, Maradona harus melakukan operasi otak karena pada hasil CT scan miliknya ditemukan adanya Hematoma Subdural atau pembekuan darah yang ada di otak.

Semenjak pensiun dari dunia sepak bola, mantan pemain Timnas Argentina ini dikabarkan sering mengalami masalah kesehatan. Pada tahun 2004 lalu, Maradona pernah dilarikan ke rumah sakit karena penyakit jantung yang dimiliki dan masalah pernapasan yang bisa dibilang parah. Pada tahun 2019, Maradona sempat di rawat di rumah sakit akibar pendarahan internal yang dialami di perutnya.

Selain bermasalah di bagian jantung dan paru-paru, Maradona pernah melakukan operasi bypass di lambungnya agar berat badannya bisa terkontrol. Operasi tersebut dilakukan karena Maradona sendiri mengalami obesitas dikarenakan gaya hidupnya yang buruk. Beliau pernah ketergantungan dengan narkotika dan minuman alkohol yang diduga menjadi penyebab menurunnya kondisi kesehatannya dari tahun ke tahun. Kondisi kesehatannya kembali menurun pada awal November 2020 ini dimana dia mengalami pembekuan darah dalam otak.

Selama Maradona menjadi pemain sepak bola, beliau pernah bergabung dengan klub-klub top Eropa seperti Barcelona, Napoli hingga Seviila. Beliau juga dijuluki legenda di Boca Juniors. Di kancah Internasional, Maradona pernah bergabung dengan Timnas Argentina dan sukses membawa Argentina ke Piala Dunia pada tahun 1986 di Meksiko akibat golnya yang dijuluki “Tangan Tuhan” berhasil membobol gawang lawan. Waktu itu, Inggris yang menjadi lawan dari Argentina.

Maradona tercatat pernah mencetak gol sebanyak 34 dan 91 caps selama bergabung dengan La Albiceleste atau Timnas Argentina. Sampai dengan saat ini, Maradona dianggap sebagai salah satu putra terbaik sepak bola Argentina bersama dengan Lionel Messi.

Kabar meninggalnya Maradona ini tentunya mengejutkan banyak pihak terutama teman-teman sesama pemain sepak bola. Mereka tidak menyangka bahwa sang legendaris telah berpulang. Sebagai bentuk penghormatan, banyak pihak yang menyampaikan ucapan bela sungkawanya atas meninggalnya Maradona seperti dua ikon sepak bola terkenal saat ini yaitu Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Lionel Messi Berduka

Lionel Messi sendiri adalah penerus perjuangan dari Maradona dalam Timnas Argentina. Messi menyebutkan bahwa sang legenda tidak akan pernah pergi karena sosoknya akan selalu abadi dalam dunia sepak bola dan di hati para penggemar sepak bola dunia. Messi sendiri pernah dilatih oleh sang legenda karena  Maradona pernah menjadi pelatih Timnas Argentina untuk putaran final Piala Dunia 2010.

Ketika mendengar kabar duka ini, Messi mengungkapkan dukanya melalui unggahan foto beserta caption di akun Instagram pribadinya. Beliau mengunggah foto dirinya bersama Maradona dengan caption yang mengungkapkan kenangan yang dialami Messi selama bersama dengan Maradona.

IG Messi

“Hari yang sangat menyedihkan bagi semua warga di Argentina dan dunia sepak bola. Dia memang telah meninggalkan kami tetapi dia tidak pernah benar-benar pergi karena Diego abadi. Saya selalu mengingat setiap momen-momen indah yang dilewati bersama dengannya dan saya kirimkan ucapan bela sungkawa kepada keluarga dan kerabatnya. Beristirahatlah dengan damai dan tenang”.  Tulis Messi di akun Instagramnnya dalam terjemahan bahasa Indonesia.

Cristiano Ronaldo Berduka

Tidak hanya Messi, Cristiano Ronaldo pun juga memberikan ucapan bela sungkawa atas meninggalnya sang legenda. Ronaldo mengungkapkannya melalui akun Instagram pribadinya. Dalam caption yang ditulis, Ronaldo menyebut Maradona sebagai seorang jenius yang abadi dan namanya di dunia sepak bola tidak akan tergantikan.

IG Cristiano Ronaldo

“Hari ini, saya dan dunia mengucapkan selamat jalan kepada seorang teman sekaligus sosok jenius yang abadi. Salah satu pemain yang terbaik sepanjang masa. Seorang pesulap yang tidak tertandingi oleh siapapun. Dia pergi terlalu cepat tetapi meninggalkan semua jejaknya yang tidak bisa digantikan oleh siapapun. Beristirahatlah dengan damai, jagoan. Anda tidak akan pernah kami lupakan” ungkapan Ronaldo di akun Instagrammnya dalam terjemahan bahasa Indonesia.

Mike Tyson Berduka Atas Meninggalnya Maradona

Selain Ronaldo dan Lionel Messi, mantan juara tinju kelas berat bernama Mike Tyson juga ikut mengucapkan bela sungkawa atas meninggalnya Diego Maradona ini.Tyson menulis ucapan bela sungkawa melalui akun Twitter pribadinya beserta unggahan foto dirinya dengan seseorang yang dijuluki sebagai “tangan tuhan”.

Tweeter Mike Tyson

“Tangan Tuhan, Maradona telah meninggalkan kita. Di tahun 86, kita berdua pernah menjadi juara. Mereka biasa membandingkan kita berdua. Dia adalah salah satu pahlawan dan teman saya. Saya sangat menghormatinya. Dia akan benar-benar dirindukan”. Ungkapan Mike Tyson dalam terjemahan bahasa Indonesia.

Selain itu, ada beberapa pihak lain yang ikut mengungkapan bela sungkawanya seperti atlet tinju bernama Khabib Nurmagomedov, mantan penyerang Timnas Inggris bernama Gary Lineker,mantan juara MotoGP Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo dan masih banyak lagi. Bahkan Presiden dari Argentina, Alberto Fernandez juga ikut mengungkapkan bela sungkawanya melalui akun Instagram pribadinya dengan menggungah foto bersama Maradona.

“Anda telah membawa kami (Argentina) hingga ke tempat paling tinggi di dunia. Telah membuat kami bahagia. Anda adalah yang terhebat dari yang lainnya. Terima kasih telah hadir, Diego. Kami akan merindukan Anda di sepanjang hidup ini” ungkap Alberto Fernandez dalam terjemahan bahasa Indonesia.

Sebagai bentuk penghormatan terhadap Maradona, Pemerintah Argentina telah menetapkan tiga hari menjadi hari berkabung nasional.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top