Sports

Dorna Umumkan Rider Jason Dupasquier Meninggal Dunia

Dorna Umumkan Rider Jason Dupasquier Meninggal Dunia

Promotor resmi MotoGP, Dorna Sport mengumumkan bahwa Jason Dupasquier meninggal dunia. Pembalap CarXpert PrustelGP itu meninggal pada Minggu (30/5/2021) setelah mengalami kecelakaan parah di Sirkuit Mugello saat mengikuti Kualifikasi 2 (Q2) Moto3 Italia pada Sabtu (29/5/2021).

Dupasquier mengalami kecelakaan di Tikungan 9 bersama Ayumu Sasaki, rider Red Bull KTM Tech 3 dan Jeremy Alcoba, rider Indonesian Racing Team Gresini. Dalam kecelakaan tersebut, Sasaki dan Alcoba tidak mengalami cidera serius. Tetapi Dupasquier tidak sadarkan diri hingga harus ditangani tim serta staf medis sirkuit.

Setelah 45 menit evakuasi, rider 19 tahun itu pun langsung diantar ke Rumah Sakit Careggi di Florensia, Italia. Ia dinyatakan mengalami politrauma pada bagian perut, dada dan kepala. Sayang, nyawanya tidak bisa tertolong, walau sudah dilakukan tindakan operasi.

Kronologi Kecelakaan Jason Dupasquier

Melansir laman Speedweek yang menerima informasi dari Dr. Angel Charte, Dokter MotoGP, disebutkan kepala Dupasquier tertabrak oleh motor Ayumu Sasaki yang memang tak bisa menghindar. Akibat kecelakaan ini, kualifikasi Moto3 Italia terpaksa diakhiri dengan dikibarkannya bendera merah. Selain itu gelaran FP4 MotoGP Italia juga terpaksa ditunda selama beberapa menit.

Sebelumnya Jason Dupasquier sempat mendapat pertolongan medis di trek. Kemudian FIM (Federasi Sepeda Motor Internasional) Medical Officer Giancarlo di Filippo dalam keterangan resminya menyebut Jason Dupasquier telah diterbangkan ke  rumah sakit.

Lihat Juga: Mengerikan, Inilah 3 Sirkuit Langganan Kasus Pembalap Alami Crash Selama MotoGP 2020

Pernyataan Resmi Dorna Sport

“Menyusul peristiwa di sesi Kualifikasi 2 Moto3 di Gran premio d’Italia Oakley, dengan kesedihan mendalam kami menginformasikan meninggalnya rider Moto3, Jason Dupasquier. Dupasquier terlibat dalam peristiwa dengan sejumlah pembalap di Tikungan 9 serta 10, dengan sesi disetop sesudahnya. Kendaraan intervensi medis FIM secepatnya tiba di lokasi kejadian. Rider dari Swiss itu ditangani di sirkuit sebelum diantar oleh helikopter medis dalam keadaan stabil ke RS Careggi di Florensia. Walau staf medis dan petugas yang menangani rider Swiss tersebut telah berupaya sebaik mungkin, pihak RS menyatakan bahwa Dupasquier meninggal dunia akibat cedera.”

To Top